× Home Daftar Isi Tentang Blog Contact Us
Menu
Rabu, 25 Juni 2025

Humanesian

Economic and Accountant

Soal Manajemen Operasi Jasa Lengkap Jawaban

manajemen

Latihan Soal Pilihan Ganda Manajemen Operasi Jasa Beserta Jawaban
  1. Definisi konsep pelayanan adalah...
    a. Cara pelayanan disampaikan
    b. Merupakan pengalaman pelayanan yang secara eksklusif dialami oleh pelanggan
    c. Merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
    d. Merupakan manfaat dan hasil pelayanan bagi pelanggan
  2. Metode penentuan lokasi yang diterapkan dalam peramalan (forecasting), perencanaan strategik (strategic planning), taktik rantai pasokan (supply chain strategy), produktivitas, dan untuk megetahui kendala dalam pengelolaan operasi internasional disebut metode...
    a. Analisis titik impas
    b. Pusat gravitasi
    c. Transportasi
    d. Delphi
  3. Tujuan penjadwalan ialah ...
    a. Meminimalkan waktu memulai pekerjaan
    b. Memaksimumkan waktu menanggapi seruan pelanggan
    c. Memaksimumkan persediaan barang dalam proses
    d. Memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
  4. Model yang didasarkan pada teori, memenuhi persyaratan teori lantaran definisi, domain, hubungan, dan prediksi memperlihatkan bagaimana dan mengapa mereka menerapkan dalam peramalan disebut model...
    a. Pertimbangan (judgment)
    b. Penghitungan (counting)
    c. Perjalanan waktu (time series)
    d. Sebab akhir (kausal)
  5. Masalah penjadwalan pelayanan lantaran keterbatasan karyawan sanggup diatasi dengan...
    a. Menaikkan honor karyawan
    b. Menyusun aktivitas kerja lembur
    c. Memaksimumkan pertolongan kemudahan karyawan
    d. Menyediakan asrama bagi karyawan
  6. Desain pekerjaan pelayanan yang menjelaskan tindakan yang dibutuhkan untuk mendapatkan dan memproses informasi pelanggan dalam proses penyampaian jasa...
    a. Media komunikasi
    b. Kemampuan analisis tugas
    c. Teknologi tugas
    d. Sentralisasi
  7. Perekrutan berarti mengidentifikasi dan menarik orang yang sanggup mengisi posisi dalam perusahaan, lalu membuka lamaran. Titik awal perekrutan adalah...
    a. Menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
    b. Menentukan spesifikasi keahlian dan kemampuan yang harus dimiliki oleh calon karyawan
    c. Mengumumkan lowongan pekerjaan dan dicari ke banyak sekali sumber
    d. Mengumumkan lowongan pekerjaan dan dicari ke banyak sekali sumber
  8. Meyakinkan administrasi bahwa dalam perusahaan tersebut tersedia sejumlah karyawan yang sesuai dengan kawasan yang dibutuhkan dan keahlian yang diharapkan ialah tujuan dari...
    a. Perencanaan SDM
    b. Visi perubahan
    c. Perencanaan operasional
    d. Sasaran perusahaan
  9. Usaha yang sanggup dilakukan perusahaan jasa atau pelayanan dalam meningkatkan produktivitasnya antara lain karyawan harus bisa membuatkan nilai-nilai organisasi dan memperlihatkan bantuan pada individu, yang disebut
    a. Environmental domain
    b. Organizational Domain
    c. Job Domain
    d. Interpersonal Domain
  10. Perencanaan SDM yang dipakai lebih dari 3 tahun. Perubahan dalam perencanaan SDM dalam jangka waktu tertentu biasanya disebabkan oleh kondisi pasar yang menuntut supaya SDM perusahaan tetap survive dan memenangkan persaingan disebut perencanaan SDM...
    a. Jangka pendek
    b. Jangka menengah
    c. Jangka panjang
    d. Yang mendasari ketertarikan pada perencanaan SDM dari beberapa segi perubahan
  11. Pentingnya tata letak kemudahan bagi organisasi perusahaan ialah ...
    a. Dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
    b. Mengurangi kemacetan
    c. Tata letak tidak terdapat pada semua bidang lantaran setiap kemudahan mempunyai tata letak
    d. Mengoptimalkan perpindahan, mengurangi kemacetan dan memaksimumkan penggunaan ruangan
  12. Menurut Krajewski et al. (2007), tata letak yang dipakai pada pabrikasi (back office) dan proses lini yang mempunyai pedoman kerja linier dan kiprah yang berulang-ulang yaitu...
    a. Aliran fleksibel (flexible flow)
    b. Aliran lini (line flow)
    c. Campuran (hybrid)
    d. Posisi tetap (fixed position)
  13. Tujuannya ialah tercapainya kerjasama yang lebih akrab antar karyawan pada semua level, merupakan tujuan dari tata letak...
    a. Kantor
    b. Eceran
    c. Gudang
    d. Proses
  14. Sebagian besar perusahaan jasa atau pelayanan memakai tata letak...
    a. Kantor
    b. Eceran
    c. Gudang
    d. Proses
  15. Desain proses pelayanan memperlihatkan pengaturan kemudahan pelayanan, di mana pelayanan disediakan, dan kapan proses pelayanan disusun dan disampaikan. Bila contoh seruan tidak sanggup diubah, manajer harus memperhatikan taktik yang berorientasi operasi untuk mengendalikan tingkat penawaran pelayanan, menyerupai penjadwalan paruh waktu (part time) dan melatih personil penyedia jasa ialah pendapat menurut...
    a. Sheu et al, 2003
    b. Fritzsimmons & fritzsimmons, (2008)
    c. Whiting dan donthu, (2006)
    d. Davis dan heineke (1994)
  16. Satu atau lebih pelanggan (orang atau benda) yang menunggu untuk dilayani disebut...
    a. Waktu tunggu
    b. Populasi pelanggan
    c. Fasilitas pelayanan
    d. Pelanggan yang tidak sabar
  17. Hal yang tidak nampak di depan pelanggan, namun berisi personil, fasilitas, peralatan dan proses yang mendukung personil dan proses di baris depan disebut...
    a. Front stage
    b. Backstage
    c. Front room
    d. Back room
  18. Sistem antrian pelayanan tunggal (single-channel queuing system) sanggup dijumpai pada...
    a. Pelayanan teller atau kasir bank
    b. Pelayanan drive through
    c. Pelayanan poliklinik di Rumah Sakit Umum
    d. Pelayanan tiket di jalan tol
  19. Jenis pelayanan dimana pelanggan harus memperlihatkan produksi jasa disebut...
    a. Jasa adonan (mixed service)
    b. Jasa murni (pure service)
    c. Jasa pemanufakturan yang diandaikan (quasi-manufacturing service)
    d. Jasa massal (mass service)
Reese https://verystream.com/stream/7jpZ96bNLKs
Jawaban:
  1. c. Merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
  2. d. Delphi
  3. d. Memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
  4. d. Sebab akhir (kausal)
  5. b. Menyusun aktivitas kerja lembur
  6. c. Teknologi tugas
  7. a. Menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
  8. a. Perencanaan SDM
  9. b. Organizational Domain
  10. c. Jangka panjang
  11. a. Dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
  12. b. Aliran lini (line flow)
  13. a. Kantor
  14. d. Proses
  15. b. Fritzsimmons & fritzsimmons, (2008)
  16. a. Waktu tunggu
  17. b. Backstage
  18. b. Pelayanan drive through
  19. b. Jasa murni (pure service)


Loading...

Artikel Terkait

  • Konsep Dasar Manajemen dan Penjelasannya
  • Estimasi dalam Manajemen
  • PENILAIAN PRESTASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA
  • Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
  • Tingkatan Level Manajemen dan Perannya dalam Perusahaan

No comments:

Post a Comment

<< Soal Manajemen Kualitas Lengkap Jawaban Soal Manajemen tentang Organisasi Lengkap Jawaban >> Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

en-PO

  • Detail and Program United States Coast Guard Academy (USCGA)
  • Detail and Program at University of Bridgeport, Connecticut US
  • Detail and Program University of Hartford, West Hartford, Connecticut
  • Detail and Program University of New Haven (UNH), West Haven, Connecticut, United States
  • Detail and Program at University of Connecticut (UConn)

Kategori

akuntansi ekonomi kewirausahaan manajemen pajak pkn politik sejarah seni budaya sosiologi

Popular Posts

  • Soal dan Pembahasan Mengenai Elastisitas Permintaan dan Penawaran
    Definisi elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran. Elastisitas harga permintaan merupakan ukuran kuantitatif yang menunjukkan ...
  • Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan
    Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan salah satu unsur atau elemen dari Laporan laba-rugi suatu perusahaan dagang. Apabila perusahaan akan ...
  • Contoh Soal Jawaban dan Pembahasan Psikotes EPPS Tes Psikologi Keribadian Individu
     Psikotes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) adalah tes yang meminta peserta tes psikotes untuk memilih kecenderungan (yang kita su...
  • Download Soal Antroposfer Lengkap Jawaban
    Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Antroposfer Beserta Jawaban Di bawah ini yang termasuk kelompok umur produktif adalah… a. 0-14 tahun b....
  • Soal Simple Present Tense Lengkap Jawaban
    Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Simple Present Tense Beserta Jawaban We … soccer match. a. Do b. Watching c. Watches d. Watch ...
  • Soal dan Pembahasan Pengaruh Subsidi terhadap Keseimbangan Pasar
    Subsidi merupakan kebalikan atau lawan dari pajak, dan sering disebut pajak negatif. Pengaruh terhadap pajakjuga berkebalikan dengan keseim...
  • Pencatatan Penghapusan Utang dalam Akuntansi
    Nilai Piutang yang tercatat pada neraca menurut pernyataan standar akuntansi keuangan indonesia adalah sebesar jumlah piutang yang jatuh t...
Loading...

Arsip Blog

Ehcrodeh. Powered by Blogger.
Copyright 2025 © Humanesian. Template by : Petunjuk Onlene