Pengertian komunikasi bisnis dalam kehidupan sebuah usaha merupakan suatu keharusan yang harus diketahui oleh setiap orang, apalagi bagi setia pengusaha. Sebab tanpa pengetahuan mengenai komunikasi bisnis maka secara pasti mereka tidak dapat memisahkan mana komunikasi secara umum dan yang mana komunikasi yang linear dengan sebuah usaha. Terkadang setiap orang sulit memisahkan mana komunikasi bisnis dan komunikasi pribadi (umum)
Pengertian komunikasi bisnis.
Menurut Stephen Covey, komunikasi merupakan keterampilan yang penting dalam hidup manusia. Unsur yang paling penting dalam berkomunikasi adalah bukan sekedar apa yang kita tulis atau yang kita katakan, tetapi karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Penerima pesan tidak hanya sekedar mendengar kalimat yang disampaikan tetapi juga membaca dan menilai sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi yang efektif adalah karakter kokoh yang dibangun dari fondasi etika serta integritas pribadi yang kuat.
Menurut Purwanto (2006:4), pengertian komunikasi bisnis yaitu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya komunikasi bisnis ini dibagi dalam dua hal yaitu Menurut Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis bisa diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.
Menurut Rosenbaltt (1982:7), pengertian komunikasi bisnis menurut beliau ini dikemukakan dalam sebuah pernyataan komunikasi bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan.
HND 716 https://woof.tube/stream/de2fXRP9qH9
Menurut Persing (1981:108), Komunikasi bisnis menurut Persing didefinisikan sebagai proses penyampaian arti dari lambang atau kode-kode yang meliputi keseluruhan unsur yang ada hubungannya dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu berbentuk verbal ataupun berbentuk non verbal yang dilakukan di dalam organisasi yang membayar orang secara bersama-sama untuk memproduksi dan memasarkan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.
Menurut Curtis (1992:6), Komunikasi bisnis menurut Curtis adalah komunikasi dalam organisasi bisnis yang di tunjukan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Menurutnya semakin tinggi kedudukan seseorang dalam suatu bisnis, maka dia semakin bergantung pada keahlian orang lain dalam membuat suatu keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan.
Dalam Business Communications ; Principles and Methods, Himstreet dan Baty mengatakan Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistemyang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Sementara itu menurut Bovee, komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan. Dengan kata lain pembcaraan yang dilakukan oleh setiap individu dengan individu lainnya baik secara lisan maupun atau media-media lainnya.
Demikianlah beberapa pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli yang. Dari paparan para ahli diatas kita bisa membuat definisi sendiri tentang pengertian komunikasi bisnis yang lebih sederhana agar lebih mudah kita pahami, tapi harus tetap berpegang pada paparan para ahli tersebut. Kamu juga bisa mengambil beberapa referensi tentang komunikasi dalam bisnis dari berbagai sumber untuk menambah wawasan. Selanjutnya: Bentuk Komunikasi Bisnis
Loading...
No comments:
Post a Comment