× Home Daftar Isi Tentang Blog Contact Us
Menu

Humanesian

Economic and Accountant

Pengertian dan Perbedaan Antara Penjualan dan Pemasaran

kewirausahaan

Penjualan (sales) adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu.

Pengertian penjualan dan pemasaran, Penjualan adalah kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuasan kebutuhan serta keinginan pembeli/konsumen, guna untuk mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba atau keuntungan. Atau definisi penjualan adalah merupakan suatu kegiatan transaksi yang dilakukan oleh 2 (dua) belah pihak/lebih dengan menggunakan alat pembayaran yang sah.

Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian penjualan menurut para ahli yang diantaranya yaitu:
Menurut Moekijat “Dalam Buku Kamus Istilah Ekonomi”
Yang menyatakan bahwa “selling” melakukan penjualan ialah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi dan memberikan petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannnya dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak “2000:488”.

Menurut Philip Kotler
Yang terjemahkan oleh Ronny A. Rusli dan Hendra dalam buku “Manajemen Pemasaran” pengertian penjualan ialah “penjualan ialah proses sosial manaherial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain, “2000:8”.
Menurut Nitisemito 
Mengemukakan bahwa “penjualan ialah semua kegiatan yang bertujuan untuk melancarkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan yang efektif”.
Menurut Assuari 
Berpendapat bahwa “penjualan ialah sebagai kegiatan manusia yang mengarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran”.

Menurut Haryono
Bahwa penjualan kredit ialah penjualan yang dilakukan bilamana pembayaran baru diterima beberapa waktu kemudian.

Menurut Mulyadi 
Menyatakan bahwa, dalam transaksi penjualan kredit, jika order dari pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman barang atau penyerahan jasa, untuk jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya.

Menurut Kusnadi “Dalam Buku Akuntansi Keuangan”
Menjelaskan bahwa penjualan “sales” ialah sejumlah uang yang dibebankan kepada pembeli atas barang atau jasa yang dijual”, “2000:19”.

Menurut Basu Swastha “Dalam Bukunya Berjudul Azas-Azas Marketing”
Penjualan ialah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual, untuk mengajak orang lain bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Jadi dalam buku Basu Swastha menerangkan bahwa penjualan yaitu proses menawarkan barang atau produk kepada konsumen dengan cara merayu konsumen tersebut.

Berdasarkan dari beberapa pendapat tersebut maka suatu kewajaran jika penulis mengatakan bahwa, pengertian penjualan dan pemasaran adalah:

Pengertian penjualan dan Pemasaran, secara umum dapat diartikan sebagai usaha atau langkah kongkrit yang dilakukan untuk memindahkkan suatu produk, baik itu berupa barang maupun jasa dari produsen kepada konsumen sebagai sasarannya. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa, tujuan utamanya penjualan dan pemasaran adalah untuk mrndatangkan keuntungan atau laba dari produk barang atau jasa yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik.Makanya itu dalam pelaksanaannya untuk menjaga agar penjualan berjalan dengan baik harus didalamnya harus dilibatkan adanya pelaku yang bejkerja seperti agen,pedagang,dan tenaga pemasaran. 
 
Penjualan juga merupakan salah satu sumber pendapatan seseorang atau suatu perusahaan yang melakukan transaksi jual & beli, dalam suatu perusahaan apabila semakin besar penjualan maka akan semakin besar pula pendapatan yang diperoleh seseorang atau perusahaan tersebut.Selanjutnya, Pemasaran adalah suatu proses kegiatan-kegiatan menyeluruh dan juga terpadu serta terencana, yang dilakukan oleh institusi untuk menjalankan usaha guna untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan cara membuat produk-produk, menetapakan harganya, mengkomunikasikan, dan juga mendistribusikannya melalui kegiatan pertukaran untuk memuaskan pembeli/konsumen serta perusahaan.
VENU-887 https://woof.tube/stream/Qr9KpqM24ui
Konsep pemasaran atau konsep inti dari pemasaran adalah meluputi diantaranya: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai & kepuasan, pertukaran, transaksi & hubungan pasar, pemasaran & pasar. Dapat di bedakan antara kebutuhan, keinginan & permintaan. Definisi kebutuhan adalah suatu keadaan yang dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Sedangkan keinginan adalah suatu kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap berbagai macam kebutuhan yang lebih mendalam. Lalu permintaan adalah keinginan akan produk ataupun jasa yang spesifik yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan untuk membeli produk atau jasa tersebut.Tujuan penjualan adalah tujuan utama dari penjualan yaitu mendatangkan keuntungan atau laba dari produk-produk atau jasa yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik dan juga mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya. 

Akan tetapi hal ini perlu peningkatan kinerja dari pihak distributor dalam menjamin mutu dan kualitas barang ataupun jasa yang akan di jual. Mencapai suatu tujuan yaitu dalam perusahaan setiap penjualan harus mempunyai tujuan penjualan yang dicapai.

Syarat penjualan adalah harus ada penjual dan juga ada pembelinya, harus ada barang, jasa dan sebagainya yang akan dijual lalu harus ada juga alat tukar yang sah. Baca juga: Macam Macam Cara Penjualan


Loading...

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

en-PO

Loading...

Kategori

akuntansi ekonomi kewirausahaan manajemen pajak pkn politik sejarah seni budaya sosiologi

Popular Posts

  • Soal dan Pembahasan Mengenai Elastisitas Permintaan dan Penawaran
    Definisi elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran. Elastisitas harga permintaan merupakan ukuran kuantitatif yang menunjukkan ...
  • Contoh Soal Jawaban dan Pembahasan Psikotes EPPS Tes Psikologi Keribadian Individu
     Psikotes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) adalah tes yang meminta peserta tes psikotes untuk memilih kecenderungan (yang kita su...
  • Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan
    Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan salah satu unsur atau elemen dari Laporan laba-rugi suatu perusahaan dagang. Apabila perusahaan akan ...
  • Download Soal Antroposfer Lengkap Jawaban
    Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Antroposfer Beserta Jawaban Di bawah ini yang termasuk kelompok umur produktif adalah… a. 0-14 tahun b....
  • Contoh Perhitungan Indeks Harga Tertimbang
    Perhitungan angka indeks tertimbang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. 1.    Metode agregatif sederhana Angka indeks te...
  • Soal Simple Present Tense Lengkap Jawaban
    Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Simple Present Tense Beserta Jawaban We … soccer match. a. Do b. Watching c. Watches d. Watch ...
  • Soal Penginderaan Jauh Lengkap Jawaban
    Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Penginderaan Jauh Beserta Jawaban Berikut ini yang bukan termasuk dalam unsur-unsur interpetasi gambara...
Loading...

Arsip Blog

Ehcrodeh. Powered by Blogger.
Copyright © Humanesian. Template by : Petunjuk Onlene