× Home Daftar Isi Tentang Blog Contact Us
Menu

Humanesian

Economic and Accountant

Manajemen Pemasaran Internasional

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran Internasional merupakan suatu wadah aktivitas pemasaran yang menembus melewati batas lebih dari 1 (satu) teritori negara.

Manajemen pemasaran internasional tidak lain adalah merupakan penerapan suatu konsep, prinsip, aktivitas, serta proses manajemen pemasaran didalam rangka penyaluran ide, barang dan jasa perusahaan kepada konsumen yang ada di berbagai belahan dunia.

Contoh : Perusahaan sekaliber Indofood yang telah memasuki pangsa pasar internasional, produknya telah sampai dibeberapa negara seperti Australia, Jepang, Belanda dan negara negara di Afrika dan Amerika

Manajemen Pemasaran internasional


Mengapa sebuah perusahaan perlu menjalankan manajemen pemasaran internasional ?

Manajemen pemasaran internasional diperlukan oleh perusahaan yang lumayan besar karena melihat sebuah alternatif strategi pemasaran yang bisa dibilang sangat luas, dan keberlangsungan aktivitas operasional perusahaan tidak mau dalam kondisi terhenti (stuck) pada suatu kondisi saja.

Pada sisi lain perusahaan juga tidak menghendaki para kompetitornya lebih dahulu memasuki pangsa pasar alternatif strategi yang luas itu.

Jadi sebuah perusahaan seharusnya melakukan manajemen pemasaran internasional dan menjalankan persaingan yang positif dengan para kompetitor.

Misalnya, sebuah perusahaan melakukan aktivitas produksi di pasar dalam negeri dimana ada dua jenis, yaitu ekspor langsung dan ekspor tak langsung.

Kedua hal tersebut merupakan alternatif sebuah perusahaan dalam memasuki pangsa pasar luar negeri atau pangsa pasar internasional.

Siapa saja perusahaan yang melakukan manajemen pemasaran internasional?
  1. Perusahaan Eksportir
  2. Perusahaan Importir
  3. Perusahaan Multinasional
Lalu apa yang membedakan manajemen pemasaran dalam negeri dengan manajemen pemasaran internasional ?

Manajemen pemasaran dalam negeri merupakan pemasaran yang secara nyata memfokuskan diri pada orientasi pangsa pasar dan strategi yang dijalankan hanya dalam lingkup pemasaran dalam negeri saja

Manajemen pemasaran internasional atau luar negeri merupakan pemasaran yang fokus utamanya berada pada pemanfaatan semua aset, pengalaman serta produk barang dan jasa perusahaan secara global, lintas negara dan melaksanakan penyesuaian pada hal hal yang inovatif dan unik pada setiap negara yang ditujunya

Jadi melihat hal hal diatas, kita bisa melihat perbedaannya.

Perbedaan mendasar hanya berasal dari tujuan produk atau jasa yang dipasarkan.
PRED-158 Shinoda Yuu https://verystream.com/stream/3RuTvAD2ZHR
Pada manajemen pemasaran internasional produk barang atau jasa ditujukan untuk melintasi banyak negara pangsa pasarnya.

Sedangkan manajemen pemasaran dalam negeri penyebaran pemasaran produk barang atau jasanya hanya dfokuskan pada pangsa pasar lokal dalam negeri dengan lingkup yang tentu jauh lebih kecil daripada manajemen pemasaran internasional

Notes:
Sebuah perusahaan lebih baik menjalankan manajemen pemasaran internasional ketika perusahaan tersebut sudah bisa menerapkan serta menentukan strategi STP.

Yaitu strategi Segmenting - Targeting - Positioning secara baik dan benar didalam setiap produk barang dan jasa yang dihasilkan. Serta berani mengambil segala resiko yang ada.



Loading...

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

en-PO

Loading...

Kategori

akuntansi ekonomi kewirausahaan manajemen pajak pkn politik sejarah seni budaya sosiologi

Popular Posts

  • Perkembangan Liberalisme Di Indonesia
    Paham liberalisme yang ada di kawasan Eropa sudah menyebar dan masuk ke kawasan Indonesia. Masuk dan menyebarnya paham liberalisme di kawasa...
  • Sejarah Mentalitas Fasis
    Asal-Usul Mentalitas Fasis-  Fasisme merupakan sebuah ideologi yang berakar di Eropa. Pondasi fasisme dibangun oleh sejumlah pemikir Eropa p...
  • Pengaruh Paham Liberalisme di Dunia
    Liberalisme pada awalnya muncul saat dunia barat memasuki enlighment ages atau abad pencerahan sekitas abad ke 16 sampai awal abad 19 yang...
  • Contoh Soal Jawaban dan Pembahasan Psikotes EPPS Tes Psikologi Keribadian Individu
     Psikotes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) adalah tes yang meminta peserta tes psikotes untuk memilih kecenderungan (yang kita su...
  • Kumpulan Soal UN Ekonomi SMA + KUNCI JAWABAN
    1.            Perhatikan usaha-usaha dalam pemenuhan kebutuhan berikut: (1).         Ibu Suminah berbelanja beras untuk keperluan keluarga...
  • Metode Tes IQ dengan Raven Standar dan Advanced Progresive Matriks
     R-SPM (Raven’s Standard Progressive Matrices) merupakan salah satu bentuk test inteligensi yang tidak membutuhkan kemampuan verbal ataupun ...
  • BANK SOAL EKONOMI TENTANG PERPAJAKAN DAN KUNCI JAWABAN
    1.       Pajak mempunyai 2 fungsi sebutkan? 2.       Jelaskan perbedaan antara 2 fungsi pajak tersebut? 3.       Jelaskan bahwa pengenaa...
Loading...

Arsip Blog

Ehcrodeh. Powered by Blogger.
Copyright © Humanesian. Template by : Petunjuk Onlene