Tingkat dan pencepatan perubahan organisasi pada masa yang akan datang tidak menurun, tetapi akan berlangsung secara cepat dan kompleks sebagai akibat globbalisasi maka struktur,sistem,strategi,kemampuan staf aparat, sikap dan gaya manajemen dan budaya organisasi serta aplikasinya akan menjadi bagian dari ancaman dan peluang yang harus diatasi secara efektif. Masa depan selalu penuh resiko, maka perlu dilakukan analisis masalah yang dihadapi terutama tentang aplikasinya.
1. Memelihara kesadaran tinggi akan urgensi
Kesadaran tinggi akan tingkat urgensi yaitu memahami hal-hal yang mendesak dan menempatkannya sebagai prioritas untuk deihadapinya akan sangat membantu proses mengatasi masalah dan perubahan-perubahan besar.
2. Pengembangan organisasi instansi pemerintah
Misi dan tujuan organisasi sektor publik adalah berupaya memberikan kepuasan kepada pihak yang berkepentingan melalui pelayanan publik yang baik (yang prima) dan mempertahankan kepercayaan publik.
1. Memelihara kesadaran tinggi akan urgensi
Kesadaran tinggi akan tingkat urgensi yaitu memahami hal-hal yang mendesak dan menempatkannya sebagai prioritas untuk deihadapinya akan sangat membantu proses mengatasi masalah dan perubahan-perubahan besar.
2. Pengembangan organisasi instansi pemerintah
Misi dan tujuan organisasi sektor publik adalah berupaya memberikan kepuasan kepada pihak yang berkepentingan melalui pelayanan publik yang baik (yang prima) dan mempertahankan kepercayaan publik.
IPX-337 Kana Momonogi https://verystream.com/stream/PfYVFuBGx7E
Perubahan kondisi pasar, tekhnologi, sistem sosial, regulasi, kepemerintahan yang baik, institusi pemerintah daerah dapat mempengaruhi pengembangan organisasi serta biaya proses langkah-langkah perubahan. Perlu dilakukan analisis manfaat dan biaya langsung dan tidak langsung, terutama pengaruh pelayanan publik prima dan pelestarian kepercayaan publik terhadap organisasi melalui perubahan yang strategik dan kultural, evaluasi dan pengukuran kinerja informasi dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah.dengan demikian, pengembangan organisasi mencakup tiga unsur sebagai determinan utama terhadap keberhasilan dan gagalnya organisasi sebagai berikut:
a. Sistem penetapan wewenang, tugas pokok dan fungsi serta langkah tanggung jawab.
b. Sistem balas jasa yang sepadan.
c. Sistem evaluasi indikator / pengukuran kinerja untuk individu dan unit organisasi.
3. Perbandingan organisasi abad ke-20 dan abad ke-21
Perkembangan dan kemajuan ekonomi dan sosial telah berpengaruh terhadap organisasi, yang meliputi struktur, sistem, dan budaya organisasi. Berikut ini akan ditampilkan perbandingan organisasi pada abad ke-20 dengan abad ke-21.
Abad 20 Abad 21
Struktur Struktur
• Birokratik
• Multilevel
• Disorganisasi dengan harapan manajemen mengatur
• Kebijakan, program dan prosedur yang saling ketergantungan internal yang ruwet • Non-birokratik, lebih sedikit aturan
• Lebih sedikit level
• Manajemen yang memimpin
• Kebijakan, program dan prosedur yang menciptakan ketergantungan internal yang minimal yang dperlukan para pihak yang berkepentingan
Sistem Sistem
• Tergantung pada beberapa sistem informasi kinerja
• Distribusi informasi terbatas pada para eksekutif
• Memberikan pelatihan manajemen dan sistem dukungan hanya pada karyawan senior
• Tergantung pada sistem informasi kinerja dan informasi penyebab kinerja
• Distribusi informasi yang luas dalam dan luar organisasi
• Memberikan pelatihan manajemen dan sistem dokumen pada karyawan
Budaya organisasi - Budaya organisasi
• Orientasi kedalam
• Tersentralisasi
• Lambat mengambil keputusan
• Realitas ideologi
• Kurang berani mengambil risiko • Orientasi keluar
• Memberdayakan
• Kecepatan dalam mengambil keputusan
• Terbuka dan beriontegrasi
• Lebih berani mengambil risiko
DANDY-386 Kanae Ruka https://oload.win/f/7yWS9r0iZcM
Perubahan yang fundamental yang terjadi dalam organisasi pada abad ke-21 yaitu:
1. Kesadaran yang tinggi akan urgensi
2. Kerjasama tim dalam tataran manajemen puncak
3. Dapat menciptakan visi yang efektif
4. Pemberdayaan besar-besaran baik individu, organisasi dan masyarakat.
5. Pendelegasian yang sangat baik kepada manajemen bawah untuk kinerja jangka pendek
6. Tidak ada ketersalinggantungan yang tidak perlu
7. Budaya organisasi yang adaptif dan penggunaan analisis kinerja (performance gap driven).
Loading...
No comments:
Post a Comment