× Home Daftar Isi Tentang Blog Contact Us
Menu

Humanesian

Economic and Accountant

Contoh Cara Menyusun Balance Sheet (Neraca)

akuntansi

Pengertian Neraca atau balance sheet

Neraca merupakan salah satu jenis laporan keuangan utama yang disusun perusahaan atau organisasi ekonomi. Dalam neraca disajikan semua kekayaan yang dimiliki perusahaan dan disajikan pula sumber dari kekayaan tersebut. Kekayaan suatu perusahaan yang disajikan dalam neraca terdiri dari aktiva lancar, aktiva tetap maupun aktiva lainnya sedangkan sumber kekayaan suatu perusahaan dapat berasal dari modal dan hutang, Modal pada dasarnya adalah pinjaman dari pemilik sedangkan hutang pada dasarnya adalah pinjaman dari selain pemilik misalnya hutang yang berasal dari bank, kreditor maupun lembaga keuangan lainnya. Jadi dapat dikatakan bahwa Segala kekayaan perusahaan itu berasal dari dua sumber yatu modal dan hutang.
Neraca atau balance sheet disusun untuk memberi informasi tentang kekayaan dan sumber kekayaan suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang pihak yang membutuhkan informasi keuangan silahkan pahami artikel pihak-pihak yang membutuhkan informasi laporan keuangan. Dalam artikel ini tidak akan dibahas secara mendetail tentang makna atau teori terkait neraca, tetapi akan membahas cara menyusun neraca.

Neraca disusun setelah laporan laba-rugi dan perubahan modal disusun, jadi neraca menempati urutan ketiga dalam penyusunan laporan keuangan sedangkan urutan yang ke empat adalah penyusunan laporan arus kas. Neraca disusun setelah penyusunan laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal hal ini karena dalam neraca akan disajikan modal ahir suatu perusahaan, modal ahir adalah modal yang dimiliki perusahaan setelah ditambah laba periode berjalan atau adanya transaksi penambahan modal dan telah dikurangi dengan prive pemilik pada periode berjalan. Modal ahir dapat diketahui pada laporan perubahan modal sedangkan laporan perubahan modal sendiri dapat disusun setelah diketahui laba atau rugi perusahaan periode berjalan, besarnya laba atau rugi dapat diketahui pada laporan laba-rugi, dengan demikian neraca atau balance sheet dapat disusun setelah laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal disusun.

Cara Membuat Neraca berdasarkan Kertas Kerja

Seperti halnya laporan laba-rugi, neraca juga dapat disusun dengan mudah dengan bantuan neraca lajur atau kertas kerja. Neraca dapat disusun dengan mengutip akun rill beserta saldonya yang terdapat dalam kolom neraca pada neraca lajur. Untuk lebih jelasnya tentang cara penyusunan neraca dengan berbantuan neraca lajur atau kertas kerja dapat dipahami ilustrasi berikut ini:

PD Zafira
Neraca Lajur
31 Desember2012
Kertas kerja sebagai alat bantu menyusun Neraca
Klik  untuk mempebesar gambar

Dari gambar neraca lajur PD Zafira di atas, silahkan saudara perhatikan kolom neraca yang terletak pada kolom terahir dalam neraca lajur. Saldo-saldo yang berada dalam kolom neraca (kolom terahir dalam neraca lajur) tersebut adalah saldo-saldo akun rill yang akan menjadi elemen-elemen laporan neraca atau balance sheet.
Bravo https://woof.tube/stream/bXArTjMNAKt
Berdasarkan saldo tersebut maka dapat disusun laporan neraca dengan mudah yaitu dengan mengutipnya dan mengelompokan kedalam kelompok masing-masing, semua akun harta atau aktiva baik harta lancar atau harta tetap merupakan kelompok kekayaan sedangkan akun modal dan semua akun hutang adalah kelompok sumber kekayaan. Setelah saudara memperhatikan gambar neraca lajur dan mengutip saldo-saldo dalam kolom neraca pada neraca lajur PD Zafira yang dikelompokan sesuai dengan masing-masing akun, maka akan didapatkan bentuk laporan neraca sebagai berikut:

PD Zafira
Neraca
31 Desember2012

AKTIVA                                                                                           KEWAJIBAN
AKTIVA LANCAR
Kas.....................................Rp 80.024.000                      Utang dagang........... Rp 28.200.000
Piutang Dagang...................Rp 15.075.000                      Utang Gaji................ Rp    1.800.000+
Piutang Wesel.....................Rp 13.100.000                       Jumlah Utang...........Rp  30.000.000
Persediaan Brg.dag............Rp 28.125.000
Asuransi dbyr. dimuka......Rp  1.100.000+
Jumlah aktiva lancar          Rp 137.424.000

AKTIVA TETAP                                                                             MODAL
Peralatan Kantor............Rp 39.125.000                             Modal Zafira..............Rp 168.574.000
Akml.Peny.Per.Kantor (Rp 27.475.000)
Peralatan Toko...............Rp 82.500.000
Akml.Peny.Per.Toko    (Rp 66.000.000)
Gedung...........................Rp 82.500.000
Akml.Peny.Gedung       (Rp 49.500.000)+
Jumlah aktiva tetap.......Rp 61.150.000

TOTAL AKTIVA            Rp 198.574.000                              TOTAL PASIVA            Rp 198.574.000


Berdasarkan Neraca PD Zafira diatas yang disusun dalam bentuk scontro atau bentuk T, dapat terlihat bahwa laporan neraca tersebut disusun berdasarkan neraca lajur kolom neraca.

Kesimpulan :
Berdasarkan uraian yang telah disampaikan dalam artikel ini maka dapat disimpulkan bahwa Neraca merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang utama disamping laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas. Neraca atau balance sheet menyajikan segala kekayaan yang dimiliki perusahaan dan sumber kekayaan tersebut. Penyusunan neraca dapat dilakukan dengan mudah jika disusun berdasarkan data dalam neraca lajur.

Neraca disusun dengan mengutip saldo-saldo akun rill yang berada dalam neraca lajur tepatnya pada kolom neraca. Setelah dikuti saldo-saldo akun rill tersebut dikelompokan sesuai kelompoknya yaitu pada kelompok aktiva (Kekayaan yang dimiliki perusahaan) atau kelompok Pasiva (sumber kekayaan perusahaan) Neraca dapat disusun kedalam dua bentuk yaitu bentuk scontro dan bentuk staffel. Bentuk scontro menyajikan kelompok aktiva sebelah kiri sedangkan kelompok pasiva sebelah kanan, sedangkan bentuk staffel atau disebut juga bentuk laporan menyajikan kelompok aktiva diatas sedangkan kelompok pasiva dibawahnya.


Loading...

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

en-PO

Loading...

Kategori

akuntansi ekonomi kewirausahaan manajemen pajak pkn politik sejarah seni budaya sosiologi

Popular Posts

  • Infrastruktur Politik: Kelompok Kepentingan (Interest Group)
    Pengertian  Kelompok Kepentingan (Interest Group)-  Kelompok kepentingan merupakan kelompok yang berusaha mempengaruhi kebijakan pemerintah...
  • 10 Kantor Akuntan Publik Besar di Indonesia
    Kantor Akuntan Publik di Indonesia -  Sebelumnya saya sudah tulis artikel tentang pengertian dan syarat syarat mendirikan KAP di Indonesia, ...
  • Pengertian Audit Menurut Ahli
    Pengertian Audit -  Apa itu audit?  Pasti sudah sering dengar atau paling tidak pernah dengar. ditelevisi pun juga sudah banyak kata kata ...
  • Contoh Kasus Etika Profesi Akuntansi
    Didalam dunia akuntansi. akuntan mempunyai suatu etika yang harusnya dipatuhi dan dijalankan oleh setiap anggota. Kode Etik IkatanAkuntan ...
  • Soal Manajemen Perubahan Lengkap Jawaban
    Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Manajemen Perubahan Beserta Jawaban Analisa yang dilakukan terhadap faktor-faktor penolakan untuk beru...
  • Dinamika Politik Indonesia Tahun 1945-1949 (UUD 1945)
    Pada masa ini Indonesia harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan maka belum bisa sepenuhnya mewujudkan pemerintahan demokratis sesu...
  • STRATEGI BISNIS TRADISIONAL
    STRATEGI BISNIS TRADISIONAL -  Secara teori strategi-strtegi yang ditawarkan para ahli tidak lah jauh berbeda, jika pun ada perbedaan, berp...
Loading...

Arsip Blog

Ehcrodeh. Powered by Blogger.
Copyright © Humanesian. Template by : Petunjuk Onlene