151. Tes apakah yang memberi kebebasan kepada siswa untuk menyusun jawabannya sesuai dengan kemampuannya ?
a. Tes pilihan ganda
b. Tes Uraian
c. Tes asosiasi pilihan ganda
d. Tes tinjauan kasus
152. Sebutkan salah satu kelemahan tes uraian !
A. Validitasnya tinggi
B. Reliabilitasnya tinggi
C. Sangat cocok dipakai untuk siswa dalam jumlah yang besar
D. Hanya sedikit saja kemampuan siswa yang dapat diukur.
153. Sebutkan salah satu ciri khas tes objektif !
A. Jawaban untuk setiap soal mutlak benar dan mutlak salah
B. Disusun dalam jumlah soal yang kecil
C. Petunjuk untuk mengerjakan soal semuanya sama
D. Tes objektif validitasnya rendah
154. Salah satu kelemahan tes objektif adalah….
A.. Tidak ada kemungkinan siswa memperoleh nilai nol
B. Sangat dimungkinkan siswa menjawab secara tebakan
C. Tingkat reliabilitas tes rendah
D. Untuk mengkoreksi pekerjaan siswa diperlukan keahlian.
155. Tes pilihan ganda yang meminta siswa untuk memilih salah satu jawaban yang merupakan kata-kata yang dikosongkan disebut …..
A. Perkecualian
B. Hubungan antar hal
C. Assosiasi pilihan ganda
D. Melengkapi pilihan
A. Sebab tidak pernah di tryoutkan.
B. Hanya digunakan untuk kepentingan sendiri
C. Karena tidak melalui proses standarisasi.
D. Guru Bukan ahli Menyusun soal
157. Tes pilihan ganda yang strukturnya terdiri dari dua kalimat yang dihubungan dengan kata sebab, disebut tes …..
A. Melengkapi jawaban
B. Asosiasi pilihan ganda
C. Tinjauan kasus
D. Hubungan antar hal
158. Untuk mengukur aspek afektif sebaiknya guru menggunakan tes apa ?
A. Tes Uraian
B. Tes Objektif
C. Non Tes
D. Tes Pilihan Ganda
159. Apakah yang dimaksud dengan wawancara terpimpin ?
A. Wawancara yang dipimpin oleh guru
B. Wawancara yang menggunakan alat perekan wawancara
C. Wawancara yang terikat dengan protokoler
D. Wawancara yang dilakukan dengan menyajikan pertanyaan yang telah disiapkan.
160. Apakah gunanya dokumen dalam penilaian ?
A. untuk melengkapai data-data yang telah diperoleh dengan tes lain.
B. Sebagai bahan utama menentukan hasil belajar siswa
C. Untuk menetapkan kompetensi siswa
D. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keberhasilan siswa
161. Apakah sebabnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menerapkan Penilaian Berbasis Kelas ?
A. Karena penialain harus dilaksanakan di dalam kelas.
B. Karena penilaian dilakukan secara terpadu dengan kegiatan belajar mengajar
C. Karena penilaian hanya dapat dilakukan oleh yang mengajar di kelas tersebut.
D. Karena penilaian menggunakan berbagai macam teknik penilaian.
162. Bagaimanakah pelaksanaan penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikompotor dalam penilaian berbasis kelas ?
A. Dilaksanakan secara proporsional sesuai dengan sifat mata pelajaran.
B. Dilaksanakan secara proporsional tanpa membedakan mata pelajaran
C. Dilaksanakan dengan mengutamakan ranah kognitif.
D. Dilaksanakan tanpa membeda-bedakan mata pelajaran.
163. Tes yang menuntut siswa untuk melakukan tugas dalam bentuk perbuatan yang dapat diamati guru disebut …..
A. Tes Penugasan
B. Tes Proyek
C. Tes Penampilan
D. Tes Penilaian diri
164. Apakah yang dimaksud dengan prinsip penilaian berkala ?
A. Penilaian yang dilaksanakan hanya pada waktu-waktu tertentu
B. Penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
C. Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai mengajar
D. Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai satu satuan pelajaran dilaksanakan.
165. Apakah yang dimaksud dengan indikator penilaian ?
A. Kemampuan-kemampuan yang akan diukur
B. Kemampuan-kemampun minimal yang akan dinilai.
C. Unsur-unsur pokok yang dapat menjelaskan kemampuan siswa setelah menyelesaikan pelajaran
D. Kemampuan minimal yang diharapkan dimiliki siswa
166. Apakah tujuan memberikan tugas-tugas terstruktur kepada peserta didik ?
A. Agar siswa lebih mendalami dan memperluas penguasaan materi pelajaran.
B. Agar siswa memiliki kegiatan yang positif di luar jam pelajaran
C. Untuk mendorong siswa lebih giat belajar
D. Agar siswa dapat berlatih mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
167. Siapakah yang bertugas mengisi nilai tugas terstruktur pada portofolio masing-masing siswa ?
A. Guru mata pelajaran yang bersangkutan
B. Petugas yang ditunjuk sekolah
C. Masing-masing siswa, kemudian di cek dan diparaf guru
D. Guru wali kelas yang kemudia diparaf oleh Kepala Sekolah.
168. Siapakah yang bertugas mencatat perilaku harian siswa pada buku catatan anekdot ( anecdotal record) ?
A, Guru bimbingan dan konseling
B. Guru piket yang bertugas pada saat kejadian terjadi
C. Guru wali kelas siswa
D. Guru mata pelajaran yang bersangkutan.
169. Apakah latar belakang dilaksanakannya penilaian terhadap laporan harian siswa ?
A. Sebab siswa lebih banyak berada di luar sekolah
B. Sebab belajar tidak hanya dibatasi oleh dinding kelas
C. Sebab belajar hanya dapat berlangsung di sekolah saja
D. Sebab belajar harus dibimbing oleh guru di sekolah.
170. Apakah syaratnya agar hasil penilaian diri dapat digunakan sebagai layaknya penilaian yang dilakukan oleh guru ?
A. Jika dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan
B. Jika dilaksanakan secara komprehensif.
C. Jika dilaksanakan setiap saat secara berkala dan terpadu.
D. Jika dilaksanakan secara objektif dan jujur.
171. Siswa belajar akan lebih mudah memahami materi dan tidak verbalistis apabila dalam pembelajaran:
a. Guru menjelaskan materi pelajaran dengan cermah dan tanya jawab
b. Guru menggunakan variasi media grafis
c. Siswa belajar melalui pengalaman teman sekelasnya
d. Siswa belajar dengan mengalami dan melakukan sendiri
172. Berikut ini termasuk pengertian/makna media pembelajaran:
a. sebuah televisi, film, video
b. OHP yang bersisi pesan pembelajaran
c. sebuah OHP, proyektor
d. sebuah foto, gambar, sketsa
173. Media meliputi hardware dan software. Yang termasuk media dalam arti hardware berikut ini adalah:
a. Overhead Proyektor
b. Gambar/foto
c. Ovaerhead Transparansi
d. Slide
174. Apabila seorang guru akan menjelaskan suatu materi pelajaran yang cukup banyak, dan jumlah siswa yang dihadapi juga besar, maka media yang tepat untuk pembelajaran tersebut adalah pembelajaran melalui:
a. televisi
b. komputer
c. overhead transparansi
d. gambar/foto
175. Seorang guru PKn akan mengajarkan demokrasi. Jika ingin menggunakan media yang dapat menggambarkan proses atau suasana demokrasi, maka media pembelajaran yang dipilih adalah:
a. OHP
b. Internet
c. Televisi
d. Film/video
176. Secara umum penggunaan media dalam pembelajaran memiliki manfaat atau kegunaan sebagai berikut, kecuali:
a. memperjelas penyampaian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
b. mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c. memerlukan perencanaan yang teliti dan tepat
d. merangsang motivasi belajar siswa
177. Salah satu keuntungan penggunaan media OHP dalam pembelajaran antara lain:
a. guru dapat menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b. dapat menyampaikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c. dapat menyajikan animasi
d. pembelajaran berskala intgernasional
178. Internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena memiliki kelebihan antara lain:
a. guru dapat menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b. dapat menyampaikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c. dapat menyajikan animasi
d. pembelajaran berskala internasional
179. Sebagai media, televisi dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Namun demikian penggunaan tv untuk pembelejaran memiliki kelemahan sebagai berikut, kecuali:
a. sifat komunikasinya satu arah;
b. dapat mengganggu jadwal pelajaran di sekolah
c. sifatnya langsung dan nyata, dengan TV siswa tahu kejadian-kejadian mutakhir
d. program di luar kontrol guru
180. Untuk menyajikan media pembelajaran yang disertai dengan animasi, maka media yang digunakan adalah:
a. OHT
b. Slide
c. Multimedia
d. Foto/gambar
181. Seorang guru dalam memilih media untuk pembelajaran hendaknya memperhatikan kriteria pemilihan sebagai berikut, kecuali:
a. tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b. tepat untuk mendukung materi pelajaran
c. bentuk media
d. mutu teknis
182. Salah satu kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media untuk kepentingan pembelajaran adalah:
a. praktis, luwes, dan bertahan
b. mahal harganya
c. dapat digunakan untuk semua tujuan
d. mudah membuatnya
183. Dilihat dari segi guru yang akan menggunakan media, maka kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media adalah:
a. guru mampu membeli sendiri
b. media yang sulit ditemukan guru
c. guru terampil menggunakannya
d. tidak memerlukan pertimbangan tertentu
184. Dari segi kriteria pengelompokan siswa (sasaran), yang perlu diperhatikan dalam memilih media adalah:
a. Semua media dapat digunakan secara efektif untuk semua kelompok sasaran baik kelompok besarmaupun kecil
b. Setiap siswa memiliki perbedaan secara individual
c. Secara umum siswa memiliki kemampuan belajar melalui visual
d. Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya untuk kelompok kecil atau perorangan
185. Apabila guru mengembangkan sendiri dalam bentuk media visual, prinsip umum yang perlu diperhatikan adalah:
a. dibuat dengan warna-warni yang kompleks
b. memuat kata-kata yang lengkap
c. sederhana, keterpaduan, penekanan, dan keseimbangan
d. kerumitan yang tinggi
186. Kesalahan dalam judul PTK ” hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ” adalah.............................
a. tidak terjadi di dalam kelas
b. tidak ada subjek penelitiannya
c. tidak jelas settingnya
d. tidak ada tindakannya
187. Masalah yang dapat dikaji melalui PTK adalah. ...................
a. latar belakang pendidikan orang tua
b. pemanfaatan alat bantu mengajar
c. latar belakang pekerjaan orangtua siswa
d. kondisi ruang kelas
188. Syarat rumusan masalah dalam PTK adalah sebagai berikut, kecuali.............
a. benar-benar dirasakan ada
b. benar-benar terjadi di dalam kelas
c. dapat dipecahkan
d. berorientasi pada peningkatan kualitas
189. Prosedur pelaksanaan PTK adal ah.................................
a. Perencanaan, tindakan, observasi, refleksi
b. Tindakan, observasi, refleksi, perencanaan
c. Observasi, perencanaan, tindakan, refleksi
d. Perencanaan, observasi, tindakan, refleksi
190. Inti PTK adalah ............
a. dilaksanakan di dalam kelas
b. dilakukan oleh guru
c. adanya tindakan
d. adanya masalah
191. Pengambilan data dalam pelaksanaan PTK dilaksanakan pada tahap..........
a. Perencanaan masalah
b. Tindakan dan observasi
c. Analisis data
d. Refleksi
192. Rekomendasi dalam PTK didasarkan pada............................
a. rumusan penelitian
b. tujuan penelitian
c. manfaat penelitian
d. hasil penelitian
193. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
194. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
195. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
196. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
197. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
198. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
199. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada um,umnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
200. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
201. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
202. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
203. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
204. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
205. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
206. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
207. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
208. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
209. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
210. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
211. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
212. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
213. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
214. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
215. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
216. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
217. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
218. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
219. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
220. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
221. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
222. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
223. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
224. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
225. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
226. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
227. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
228. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
229. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
230. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitas dari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
231. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
232. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
a. Tes pilihan ganda
b. Tes Uraian
c. Tes asosiasi pilihan ganda
d. Tes tinjauan kasus
152. Sebutkan salah satu kelemahan tes uraian !
A. Validitasnya tinggi
B. Reliabilitasnya tinggi
C. Sangat cocok dipakai untuk siswa dalam jumlah yang besar
D. Hanya sedikit saja kemampuan siswa yang dapat diukur.
153. Sebutkan salah satu ciri khas tes objektif !
A. Jawaban untuk setiap soal mutlak benar dan mutlak salah
B. Disusun dalam jumlah soal yang kecil
C. Petunjuk untuk mengerjakan soal semuanya sama
D. Tes objektif validitasnya rendah
154. Salah satu kelemahan tes objektif adalah….
A.. Tidak ada kemungkinan siswa memperoleh nilai nol
B. Sangat dimungkinkan siswa menjawab secara tebakan
C. Tingkat reliabilitas tes rendah
D. Untuk mengkoreksi pekerjaan siswa diperlukan keahlian.
155. Tes pilihan ganda yang meminta siswa untuk memilih salah satu jawaban yang merupakan kata-kata yang dikosongkan disebut …..
A. Perkecualian
B. Hubungan antar hal
C. Assosiasi pilihan ganda
D. Melengkapi pilihan
JUFE-096 https://woof.tube/stream/cX9XjSa4DmF156. Apakah sebabnya tes buatan guru tidak termasuk tes tes standar ?
A. Sebab tidak pernah di tryoutkan.
B. Hanya digunakan untuk kepentingan sendiri
C. Karena tidak melalui proses standarisasi.
D. Guru Bukan ahli Menyusun soal
157. Tes pilihan ganda yang strukturnya terdiri dari dua kalimat yang dihubungan dengan kata sebab, disebut tes …..
A. Melengkapi jawaban
B. Asosiasi pilihan ganda
C. Tinjauan kasus
D. Hubungan antar hal
158. Untuk mengukur aspek afektif sebaiknya guru menggunakan tes apa ?
A. Tes Uraian
B. Tes Objektif
C. Non Tes
D. Tes Pilihan Ganda
159. Apakah yang dimaksud dengan wawancara terpimpin ?
A. Wawancara yang dipimpin oleh guru
B. Wawancara yang menggunakan alat perekan wawancara
C. Wawancara yang terikat dengan protokoler
D. Wawancara yang dilakukan dengan menyajikan pertanyaan yang telah disiapkan.
160. Apakah gunanya dokumen dalam penilaian ?
A. untuk melengkapai data-data yang telah diperoleh dengan tes lain.
B. Sebagai bahan utama menentukan hasil belajar siswa
C. Untuk menetapkan kompetensi siswa
D. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keberhasilan siswa
161. Apakah sebabnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menerapkan Penilaian Berbasis Kelas ?
A. Karena penialain harus dilaksanakan di dalam kelas.
B. Karena penilaian dilakukan secara terpadu dengan kegiatan belajar mengajar
C. Karena penilaian hanya dapat dilakukan oleh yang mengajar di kelas tersebut.
D. Karena penilaian menggunakan berbagai macam teknik penilaian.
162. Bagaimanakah pelaksanaan penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikompotor dalam penilaian berbasis kelas ?
A. Dilaksanakan secara proporsional sesuai dengan sifat mata pelajaran.
B. Dilaksanakan secara proporsional tanpa membedakan mata pelajaran
C. Dilaksanakan dengan mengutamakan ranah kognitif.
D. Dilaksanakan tanpa membeda-bedakan mata pelajaran.
163. Tes yang menuntut siswa untuk melakukan tugas dalam bentuk perbuatan yang dapat diamati guru disebut …..
A. Tes Penugasan
B. Tes Proyek
C. Tes Penampilan
D. Tes Penilaian diri
164. Apakah yang dimaksud dengan prinsip penilaian berkala ?
A. Penilaian yang dilaksanakan hanya pada waktu-waktu tertentu
B. Penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
C. Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai mengajar
D. Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai satu satuan pelajaran dilaksanakan.
165. Apakah yang dimaksud dengan indikator penilaian ?
A. Kemampuan-kemampuan yang akan diukur
B. Kemampuan-kemampun minimal yang akan dinilai.
C. Unsur-unsur pokok yang dapat menjelaskan kemampuan siswa setelah menyelesaikan pelajaran
D. Kemampuan minimal yang diharapkan dimiliki siswa
166. Apakah tujuan memberikan tugas-tugas terstruktur kepada peserta didik ?
A. Agar siswa lebih mendalami dan memperluas penguasaan materi pelajaran.
B. Agar siswa memiliki kegiatan yang positif di luar jam pelajaran
C. Untuk mendorong siswa lebih giat belajar
D. Agar siswa dapat berlatih mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
167. Siapakah yang bertugas mengisi nilai tugas terstruktur pada portofolio masing-masing siswa ?
A. Guru mata pelajaran yang bersangkutan
B. Petugas yang ditunjuk sekolah
C. Masing-masing siswa, kemudian di cek dan diparaf guru
D. Guru wali kelas yang kemudia diparaf oleh Kepala Sekolah.
168. Siapakah yang bertugas mencatat perilaku harian siswa pada buku catatan anekdot ( anecdotal record) ?
A, Guru bimbingan dan konseling
B. Guru piket yang bertugas pada saat kejadian terjadi
C. Guru wali kelas siswa
D. Guru mata pelajaran yang bersangkutan.
169. Apakah latar belakang dilaksanakannya penilaian terhadap laporan harian siswa ?
A. Sebab siswa lebih banyak berada di luar sekolah
B. Sebab belajar tidak hanya dibatasi oleh dinding kelas
C. Sebab belajar hanya dapat berlangsung di sekolah saja
D. Sebab belajar harus dibimbing oleh guru di sekolah.
170. Apakah syaratnya agar hasil penilaian diri dapat digunakan sebagai layaknya penilaian yang dilakukan oleh guru ?
A. Jika dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan
B. Jika dilaksanakan secara komprehensif.
C. Jika dilaksanakan setiap saat secara berkala dan terpadu.
D. Jika dilaksanakan secara objektif dan jujur.
171. Siswa belajar akan lebih mudah memahami materi dan tidak verbalistis apabila dalam pembelajaran:
a. Guru menjelaskan materi pelajaran dengan cermah dan tanya jawab
b. Guru menggunakan variasi media grafis
c. Siswa belajar melalui pengalaman teman sekelasnya
d. Siswa belajar dengan mengalami dan melakukan sendiri
172. Berikut ini termasuk pengertian/makna media pembelajaran:
a. sebuah televisi, film, video
b. OHP yang bersisi pesan pembelajaran
c. sebuah OHP, proyektor
d. sebuah foto, gambar, sketsa
173. Media meliputi hardware dan software. Yang termasuk media dalam arti hardware berikut ini adalah:
a. Overhead Proyektor
b. Gambar/foto
c. Ovaerhead Transparansi
d. Slide
174. Apabila seorang guru akan menjelaskan suatu materi pelajaran yang cukup banyak, dan jumlah siswa yang dihadapi juga besar, maka media yang tepat untuk pembelajaran tersebut adalah pembelajaran melalui:
a. televisi
b. komputer
c. overhead transparansi
d. gambar/foto
175. Seorang guru PKn akan mengajarkan demokrasi. Jika ingin menggunakan media yang dapat menggambarkan proses atau suasana demokrasi, maka media pembelajaran yang dipilih adalah:
a. OHP
b. Internet
c. Televisi
d. Film/video
176. Secara umum penggunaan media dalam pembelajaran memiliki manfaat atau kegunaan sebagai berikut, kecuali:
a. memperjelas penyampaian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
b. mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c. memerlukan perencanaan yang teliti dan tepat
d. merangsang motivasi belajar siswa
177. Salah satu keuntungan penggunaan media OHP dalam pembelajaran antara lain:
a. guru dapat menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b. dapat menyampaikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c. dapat menyajikan animasi
d. pembelajaran berskala intgernasional
178. Internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena memiliki kelebihan antara lain:
a. guru dapat menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b. dapat menyampaikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c. dapat menyajikan animasi
d. pembelajaran berskala internasional
179. Sebagai media, televisi dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Namun demikian penggunaan tv untuk pembelejaran memiliki kelemahan sebagai berikut, kecuali:
a. sifat komunikasinya satu arah;
b. dapat mengganggu jadwal pelajaran di sekolah
c. sifatnya langsung dan nyata, dengan TV siswa tahu kejadian-kejadian mutakhir
d. program di luar kontrol guru
180. Untuk menyajikan media pembelajaran yang disertai dengan animasi, maka media yang digunakan adalah:
a. OHT
b. Slide
c. Multimedia
d. Foto/gambar
181. Seorang guru dalam memilih media untuk pembelajaran hendaknya memperhatikan kriteria pemilihan sebagai berikut, kecuali:
a. tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
b. tepat untuk mendukung materi pelajaran
c. bentuk media
d. mutu teknis
182. Salah satu kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media untuk kepentingan pembelajaran adalah:
a. praktis, luwes, dan bertahan
b. mahal harganya
c. dapat digunakan untuk semua tujuan
d. mudah membuatnya
183. Dilihat dari segi guru yang akan menggunakan media, maka kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media adalah:
a. guru mampu membeli sendiri
b. media yang sulit ditemukan guru
c. guru terampil menggunakannya
d. tidak memerlukan pertimbangan tertentu
184. Dari segi kriteria pengelompokan siswa (sasaran), yang perlu diperhatikan dalam memilih media adalah:
a. Semua media dapat digunakan secara efektif untuk semua kelompok sasaran baik kelompok besarmaupun kecil
b. Setiap siswa memiliki perbedaan secara individual
c. Secara umum siswa memiliki kemampuan belajar melalui visual
d. Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya untuk kelompok kecil atau perorangan
185. Apabila guru mengembangkan sendiri dalam bentuk media visual, prinsip umum yang perlu diperhatikan adalah:
a. dibuat dengan warna-warni yang kompleks
b. memuat kata-kata yang lengkap
c. sederhana, keterpaduan, penekanan, dan keseimbangan
d. kerumitan yang tinggi
186. Kesalahan dalam judul PTK ” hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ” adalah.............................
a. tidak terjadi di dalam kelas
b. tidak ada subjek penelitiannya
c. tidak jelas settingnya
d. tidak ada tindakannya
187. Masalah yang dapat dikaji melalui PTK adalah. ...................
a. latar belakang pendidikan orang tua
b. pemanfaatan alat bantu mengajar
c. latar belakang pekerjaan orangtua siswa
d. kondisi ruang kelas
188. Syarat rumusan masalah dalam PTK adalah sebagai berikut, kecuali.............
a. benar-benar dirasakan ada
b. benar-benar terjadi di dalam kelas
c. dapat dipecahkan
d. berorientasi pada peningkatan kualitas
189. Prosedur pelaksanaan PTK adal ah.................................
a. Perencanaan, tindakan, observasi, refleksi
b. Tindakan, observasi, refleksi, perencanaan
c. Observasi, perencanaan, tindakan, refleksi
d. Perencanaan, observasi, tindakan, refleksi
190. Inti PTK adalah ............
a. dilaksanakan di dalam kelas
b. dilakukan oleh guru
c. adanya tindakan
d. adanya masalah
191. Pengambilan data dalam pelaksanaan PTK dilaksanakan pada tahap..........
a. Perencanaan masalah
b. Tindakan dan observasi
c. Analisis data
d. Refleksi
192. Rekomendasi dalam PTK didasarkan pada............................
a. rumusan penelitian
b. tujuan penelitian
c. manfaat penelitian
d. hasil penelitian
193. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
194. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
195. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
196. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
197. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
198. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
199. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada um,umnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
200. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
201. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
202. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
203. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
204. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
205. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
206. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
207. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
208. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
209. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
210. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
211. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
212. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
213. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
214. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
215. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
216. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
217. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
218. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
219. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
220. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
221. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan
222. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
223. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
224. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
225. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
226. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
227. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan
228. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
229. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
230. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitas dari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
231. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
232. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
Berikut ini soal latihan Uji Kompetensi Guru PKn SMP, Insya Allah akan memberikan bekal bagi rekan-rekan guru PKn yang akan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG)
1. Di bawah ini merupakan harapan-harapan dalam terciptanya kehidupan yang demokratis, kecuali....
a. Pemerintahan yang bebas.
b. Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak.
c. Pelaksanaan pemilu yang bebas.
2. Demokrasi langsung dapat terselenggara secara efektif karena beberapa faktor di bawah ini, kecuali……
a. Wilayah negara yang terbatas.
b. Permasalahan tidak terlalu kompleks.
c. Majelis yang hanya terdiri dari 5000 sampai 6000 orang saja.
d. Tidak adanya penduduk yang berjumlah besar
3. Demokrasi Pancasila adalah…..
a. Demokrasi yang berketuhanan
b. Demokrasi yang tidak langsung
c. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat
d. Demokrasi berdasarkan paham kekeluargaan dan gotong royong yang ditujukan pada kesejahteraan rakyat.
4. Dalam demokrasi Pancasila terkandung aspek yang mengemukakan gambaran manusia dan mengakui harkat dan martabatnya serta menjamin terwujudnya manusia Indonesia sesuai dengan gambaran harkat dan martabat manusia. Ini adalah aspek……
a. Aspek materiil
b. Aspek normatif
c. Aspek kodrati
d. Aspek hukum
5. Pemilu pertama di Indonesia, terselenggara dengan sistem……
a. Dwi partai
b. Multipartai
c. Partai tunggal
d. Semi multi partai
6. Di bawah ini merupakan kondisi yang lahir dari penerapan demokrasi terpimpin.
a. Dominasi parlemen yang kuat
b. Peranan partai politik dan pers yang sangat terbatas
c. Pertikaian antar partai politik
d. Tidak adanya kepastian hukum.
7. Di bawah ini termasuk soko guru demokrasi, kecuali ….
a. Kedaulatan rakyat
b. Jaminan hak asasi manusia
c. Hak-hak mayoritas
d. Kekuasaan mayoritas
8. Pada akhir masa Orde Baru, terdapat penyelewengan-penyelewengan terhadap prinsip-prinsip demokrasi, yakni…..
a. Diakuinya hak-hak mayoritas
b. Tidak adanya pembatasan pemerintah secara konstitusional
c. Terdapat pluralisme sosial, ekonomi dan politik
d. Hanya ada tiga patai politik
9. Dalam pemilu akan dipilih……
a. DPR, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten
b. DPR, MPR, presiden dan wakil presiden
c. Presiden dan wakilnya, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kota/kabupaten
d. DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, presiden dan wakil presiden.
10. Perilaku yang menunjukkan dukungan terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi adalah....
a. Musyawarah untuk mufakat
b. Menggunakan hak pilih dalam pemilu
c. Mengunakan haknya dengan seluas mungkin
d. Menghormati kekuasaan mayoritas
11. Demokrasi dimana rakyat menyalurkan kehendaknya dengan memilih wakil-wakilnya untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat, dinamakan . . . .
a. demokrasi langsung
b. demokrasi perwakilan
c. demokrasi gabungan
d. demokrasi sosialis
12. Salah satu asas demokrasi Pancasila adalah asas kerakyatan, yang artinya . . . .
a. kesadaran akan cinta kepada rakyat, bersikap merakyat, berjiwa kerakyatan .
b. pemerintah harus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.
c. keputusan dengan menampung berbagai aspirasi dan kehendak seluruh rakyat.
d. suatu tata cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mufakat.
13. Keterlibatan rakyat sebagai pelaksana kedaulatan menurut UUD 1945 adalah dalam hal sebagai berikut, kecuali . . . .
a. Mengisi keanggotaan DPRD melalui pemilihan umum.
b. Mengisi keanggotaan DPR melalui pemilihan umum.
c. Mengisi keanggotaan DPD melalui pemilihan umum.
d. Mengajukan calon Presiden dan Wakil Presiden.
14. Lembaga negara yang berwenang melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum adalah . . . .
a. MPR
b. DPR
c. Mahkamah Agung
d. Mahkamah Konstitusi
15. Menurut UUD 1945 , Mahkamah Konstitusi memiliki kewenangan untuk . . . .
a. melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum.
b. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum
c. memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan
d. menguji secara materiil peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.
16. DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara dan mempunyai fungsi . . . .
a. legislatif, eksekutif, dan yudikatif
b. legislatif, eksekutif, dan anggaran
c. eksekutif, legislatif , dan pengawasan
d. legislatif, anggaran, dan pengawasan
17. Kekuasaan untuk membentuk undang-undang disebut . . . .
a. legislatif
b. eksekutif
c. yudikatif
d. federatif
18. Anggota DPD dari setiap propinsi ditetapkan sebanyak empat orang dan jumlah seluruh anggota DPD tidak lebih dari . . . .
a. 1/2 anggota DPR
b. 1/3 anggota DPR
c. 1/4 anggota DPR
d. 1/5 anggota DPR
19. Hasil pemeriksaan BPK diserahkan kepada . . . .
a. Presiden dan DPR sesuai dengan kewenangannya
b. DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya
c. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
d. MPR, DPR, DPD ses uai dengan kewenangannya.
20. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertanggungjawab atas penyelenggaraan pemilu dan menyampaikan laporan secara bertahap atas pelaksanaan tugasnya kepada ….
a. DPR dan Presiden
b. Presiden dan MPR
c. MA dan Mahkamah Konstitusi
d. Presiden dan MA
21. Hak Asasi Manusia itu adalah hak yang tidak bisa dikurangi (non derogable righ, ) karena....
a. Setiap manusia memilikinya
b. Setiap orang boleh menggunakan secara bebas
c. Negara harus melindungi
d. Bersumber dari Tuhan
22. Franklin D. Roselvelt (1941) mengemukakan empat konsep tentang kebebasan/kemerdekaan (Four Freedom) , yaitu, kecuali....
a. Kebebasan (kemerdekaan) berbicara
b. Kebebasan beragama
c. Kebebasan Berpolitik
d. Kebebasan dari Kemiskinan
23. Setiap orang berhak untuk memiliki sesuatu, serta untuk menjual atau menyewakan sesuatu yang dimilikinya itu kepada orang lain. Hal tersebut adalah salah satu perwujudan dari....
a. Hak Asasi Pribadi c. Hak Asasi Ekonomi
b. Hak Asasi Politik d. Hak Asasi Sosial Budaya
24. Hak asasi dimana seseorang bebas berekspresi dan mendapatkan pendidikan atau pengajaran merupakan perwujudan....
a. Hak Asasi Pribadi c. Hak Asasi Ekonomi
b. Hak Asasi Politik d. Hak Asasi Sosial Budaya
25. Pengakuan dan jaminan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia telah cukup banyak diberikan, baik yang ditemukan dalam nilai-nilai maupun dalam peraturan perundang-undangan, diantaranya berupa Ketetapan MPR RI, yaitu:
a. Ketetapan MPR Nomor XVI/MPR/1998
b. Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998
c. Ketetapan MPR Nomor XX/MPR/1998
d. Ketetapan MPR Nomor XIII/MPR/1998
26.Pengakuan dan jaminan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia diberikan secara khusus dalam UUD 1945 setelah diamandemen, yaitu:
a. Pasal 27 ayat (2) UUD 1945
b. Pasal 34 UUD 1945
c. Pasal 18 A sampai dengan 18 J
d. Pasal 28 A sampai dengan 28 J
27.Kebijakan PBB dalam upaya perlindungan HAM secara universal melalui beberapa instrumennya memberi kewenangan kepada PBB untuk terlibat secara langsung dalam suatu negara yang berdaulat, dengan alasan melindungi HAM. Hal tersebut dilakukan apabila:
a. PBB menganggap negara bersangkutan terlalu banyak terjadi praktek KKN
b. Negara yang bersangkutan tidak serius menegakkan HAM
c. Negara yang bersangkutan tidak mampu melindungi HAM warga negaranya
d. Negara yang bersangkutan tidak mampu melindungi HAM warga negaranya dan mengadili pelaku pelanggaran HAM yang berat
28.Badan Internasional baru yang dibentuk PBB dalam penegakan HAM internasional, dengan Statuta Roma pada akhirnya bulan Juli 1998, yaitu:
a. Komisi HAM PBB
b. Mahkamah Internasional
c. International Criminal Court ( ICC)
d. Pengadilan HAM
29.Lembaga yang dibentuk melalui Keppres Nomor 5 Tahun 1993, kemudian dikukuhkan lagi melalui UU Nomor 39 Tahun 1999 dalam upaya pengakan HAM di Indonesia adalah:
a. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
b. Pengadilan Hak Asasi Mansia
c. Pengadilan Hak Asasi Mansia Ad Hoc.
d. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
30.Lembaga yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2000 dalam penegakan HAM di Indonesia adalah:
a. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
b. Pengadilan Hak Asasi Mansia
c. Pengadilan Hak Asasi Mansia Ad Hoc.
d. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
31.Kemerdekaan dalam menyampaikan pendapat berarti bahwa seseorang dalam menyampaikan pendapatnya . . . .
a. bebas tanpa ada batasannya
b. tanpa tekanan fisik maupun psikis
c. tidak perlu mempedulikan pihak lain
d. tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun
32. Penyampaian pendapat di muka umum harus berlandaskan pada asas keseimbangan antara hak dan kewajiban artinya dalam menyampaikan pendapat seseorang harus . . . .
a. memperhatikan kewajiban dan tanggungjawab tertentu
b. wajib melaksanakan musyawarah untuk mencapai mufakat
c. memperhatikan kesesuaian antara kegiatan dengan tujuan
d. berdasarkan peraturan dan hukum yang berlaku
33.Penyampaian pendapat di muka umum dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan asas. . . .
a. proporsionallitas
b. kepastian hukum
c. musyawarah mufakat
d. manfaat
34.Berikut ini yang merupakan tempat terlarang untuk unjukrasa adalah . . . .
a. jalan raya
b. lapangan kota
c. rumah sakit
d. kantor pemerintah
35.Peserta penyampaian pendapat di muka umum (demonstrasi) wajib menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum yaitu norma-norma berikut kecuali . . . .
a. kesusilaan
b. agama
c. kesopanan
d. kebiasaan
36.Penyampaian pendapat di muka umum harus menghormati hak dan kebebasan orang lain diantaranya yaitu hak-hak dan kebebasan untuk . . .
a. hidup aman, tertib dan damai
b. mematuhi norma-norma
c. menyaksikan kegiatan unjukrasa
d. mendapatkan perlindungan hukum
37.Penyampaian pendapat di muka umum yang dilakukan dengan tanpa batas dapat mengakibatkan pelanggaran terhadap hak-hak orang lain dan perpecahan dalam masyarakat atau yang sering disebut . . . .
a. SARA
b. disintegrasi sosial
c. persatuan dan kesatuan
d. kerusuhan dan bentrok
38.Penyampaian pendapat di muka umum harus dilaksanakan secara bertanggungjawab artinya . .
a. harus ada orang yang bertanggungjawab
b. sesuai dengan rencana yang telah disiapkan
c. harus tunduk pada peraturan perundang-undangan
d. pemimpin kegiatan harus berani bertanggungjawab
39.Kemerdekaan mengemukakan pendapat yang tidak diikuti dengan tangungjawab dapat mengakibatkan suatu keadaan anarki yaitu keadaan yang . . . .
a. kacau seolah tak ada peraturan
b. kurang tertib dan teratur
c. meresahkan masyarakat
d. aman tertib dan terkendali
40.”Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang” Pernyataan tersebut terdapat dalam UUD 1945. . . .
a. Pembukaan UUD 1945
b. Pasal 27
c. Pasal 28
d. Pasal 29
41. Dengan diproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia, berarti ….
a. bangsa Indonesia telah siap menjadi negara
b. negara Indonesia telah berdiri secara de facto
c. bangsa-bangsa di dunia mengakui Indonesia
d. tidak ada lagi penjajahan di bumi Indonesia
42. Pada tanggal 17 Agustus 1945 jam 10.00 di jalan Pegangsaan Timur No. 56. Ir. Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia atas nama . . . .
a. rakyat Indonesia
b. bangsa Indonesia
c. ketua dan wakil ketua PPKI
d. negara Indonesia
43. PPKI menetapkan dan mengesahkan UUD 1945 dalam sidangnya pada tanggal .
a. 9 Agustus 1945
b. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945
44. Pembukaan UUD 1945 merupakan . . . .
a. pelaksanaan dari proklamasi kemerdekaan
b. pernyataan kemerdekaan yang lebih rinci
c. sumber dari segala sumber hukum di Indonesia
d. norma pertama, tata hukum pertama di Indonesia
45. Dari segi norma, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dianggap sebagai:
a. hukum dasar yang tertulis
b. norma dasar
c. norma hukum
d. hukum dasar tak tertulis
46. Pernyataan II dari proklamasi kemerdekaan dirinci lebih lanjut di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea . . . .
a. I
b. II
c. III
d. IV
47. Sidang I BPUPKI pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 agendanya adalah . . . .
a. menyelidiki usaha persiapan kemerdekaan Indonesia
b. menyusun dan merumuskan rancangan hukum dasar
c. merumuskan rancangan dasar negara Indonesia merdeka
d. menetapkan dan mengesahkan rancangan UUD 1945
48. BPUPKI dalam masa sidangnya yang kedua membahas Rancangan UUD dengan membentuk . .
a. Panitia Perancang Hukum Dasar
b. Panitia Kecil
c. Panitia Sembilan
d. Piagam Djakarta
49. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara bersifat:
a. sementara
b. lokal
c. tetap
d. instrumental
50. Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan;
a. Sumber dari segala sumber hukum
b. Pedoman dalam penyelenggaraan negara
c. Pedoman perilaku bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat
d. Sumber tertib hukum
51. Konstitusi dan Undang-Undang Dasar memiliki perbedaan yang sebenarnya tidak prinsip, yaitu:
a. Konstitusi merupakan bagian dari Undang-Undang Dasar
b. Konstitusi mencakup di dalamnya Undang-Undang Dasar
c. Konstitusi merupakan hukum dasar yang tertulis
d. Undang-Undang Dasar mencakup hukum dasar tak tertulis
52. Konstitusi suatu negara dirumuskan umumnya mengatur tentang, kecuali:
a. bentuk negara c. bentuk pemerintahan
b. dasar negara d. sistem pemerintahan
53. Konstitusi suatu negara disusun sesuai dengan ....
a. wawasan kebangsaannya
b. karakteristik bangsanya
c. falsafah bangsanya
d. sistem ketatanegaraannya
54. Agar dapat berpartisipasi aktif membangun negaranya maka setiap warga negara harus ....
a. mengetahui isi konstitusi
b. tahu arti konstitusi negaranya
c. memahami konstitusi negaranya
d. berjiwa besar sebagai bangsa
55. Konstitusi dapat disamakan dengan UUD, karena ....
a. baik konstitusi maupun UUD itu ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis
b. Konstitusi dan UUD itu dibuat untuk tujuan yang sama
c. Konstitusi dan Undang-undang Dasar 1945 mempunyai arti yang sama
d. semua peraturan dasar yang didokumentasikan dapat disebut Konstitusi atau UUD
56. Konstitusi atau UUD itu memuat hak-hak rakyat yang diperintah karena ....
a. hak-hak rakyat itu awal lahirnya konstitusi
b. konstitusi itu memuat peraturan yang bersifat legal
c. konstitusi merupakan sekumpulan asas-asas hukum
d. adanya jaminan dan perlindungan hukum pada hak-hak rakyat
57. Konvensi adalah konstitusi yang tidak bersifat hukum sehingga ....
a. konvensi itu tidak tertulis
b. konvensi itu tidak didokumentasikan
c. konvensi itu berbeda dengan konstitusi
d. jika terjadi pelanggaran tidak dapat dituntut dimuka pengadilan
58.Kedudukan konstitusi atau UUD 1945 dalam peraturan perundang-undangan negara Indonesia.........
a. orang tabu untuk memperbaharui Undang-undang Dasar
b. melaksanakan UUD 1945 secara murni dan konsekuen itu yang dikehendaki
c. Undang-undang Dasar 1945 itu memang sudah bersifat supel
d. Undang-undang Dasar 1945 itu merupakan peraturan perundangan yang tertinggi dalam negara
59. Ketidakberhasilan UUD 1945 sebagai dasar pelaksanaan prinsip demokrasi, prinsip negara hukum dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia karena
a. UUD 1945 memiliki sifat singkat
b. UUD 1945 tidak bersifat lengkap
c. UUD 1945 tidak memuat sistem keseimbangan dan pengawasan
d. UUD 1945 memberikan kekuasaan yang seluas-luasnya kepada MPR
60. Reformasi sistem ketatanegaraan Republik Indonesia menurut UUD 1945 setelah amandemen khususnya dalam hak kekuasaan eksekutif adalah ....
a. adanya Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
b. penghapusan Dewan Pertimbangan Agung
c. pembatasan jabatan presiden dan pemilihan langsung
d. Dewan Perwakilan Rakyat dipilih melalui Pemilu
61. Siapakah yang dimaksud dengan penyelenggara pemerintahan ?
A. Presiden dibantu seorang Wakil Presiden dan para menteri ngara
B. Presiden, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota
C. Presiden dan para penasihat-penasihat Presiden
D. Presiden dibantu oleh para menteri-menteri
62. Sebutkan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan daerah !
A. Desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas perbantuan
B. Sentralisasi, desentralisasi, dan tugas perbantuan
C. Otonomi dan tugas perbantuan
D. Desentralisasi, otoinomi, dan dekonsentrasi
63. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan disebut….
A. Tugas Perbantuan
B. Sentralisasi
C. Dekonsentrasi
D. Desentralisasi
64. Pelimpahan wewenang pemerintahan dari Pemerintah kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah tertentu, disebut ….
A. Sentralisasi
B. Dekonsentrasi
C. Desentralisasi
D. Tugas Perbantuan
65. Salah satu hak Pemerintah Daerah adalah ….
A. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
B. Mengembangkan kehidupan demokrasi
C. Memilih pimpinan daerah
D. Mengelola administrasi kependudukan
66. Keputusan politik pemerintah yang berisi ketentuan untuk menyerap sumber-sumber material maupun sumber daya manusia yang ada di masyarakat, disebut ….
A. Kebijakan umum yang bersifat deklaratif
B. Kebijakan umum yang bersifat konstitutif
C. Kebijakan umum yang bersifat distributif
D. Kebijakan umum yang bersifat ekstraktif
67. Peraturan perundang-undangan tentang Pajak dan Retribusi, Termasuk …..
A. Kebijakan umum yang bersifat ekstraktif
B. Kebijakan umum yang bersifat konstitutif
C. Kebijakan umum yang bersifat distributif
D. Kebijakan umum yang bersifat regulatif
68. Kebijakan umum pemberian Bantuan Langsung Tunai, termasuk ….
A. Kebijakan umum yang bersifat ekstraktif
B. Kebijakan umum yang bersifat alokatif dan distributif
C. Kebijakan umum yang bersifat konstitutif
D. Kebijakan umum yang bersifat regulatif
69. Salah satu kewajiban pemerintah daerah adalah ….
A. Mengelola kekayaan daerah
B. Mengelola apratur daerah
C. Memilih pemimpin daerah
D. Melestarikan nilai-nilai sosial budaya
70. Pelaksanaan Pemilihan Umum di daerah, termasuk pelaksanaan asas….
A. Tugas Perbantuan
B. Sentralisasi
C. Dekonsentrasi
D. Desentralisasi
71. Apakah sebabnya diperlukan upaya bela negara ?
A. Agar tujuan nasional dapat tercapai
B. Agar disegani oleh negara-negara lain.
C. Untuk mengamankan kelangsungan hidup bangsa dan negara
D. Sebagai upaya menjaga kehormatan bangsa dan negara
72. Siapakah yang bertanggung jawab melaksanakan upaya bela negara ?
A. Setiap Warga Negara
B Tentara Nasional Indonesia dan Polri
C. TNI, Polri, dan Pegawai Negeri
D. TNI, Polri, dan Rakyat yang terlatih (Ratih)
73.Apakah sebabnya bagi bangsa Indonesia kemerdekaan bukanlah merupakan tujuan akhir ?
A. Sebab kemerdekaan hanya melepaskan diri dari penjajah
B. Sebab bangsa Indonesia harus mempertahankan kemerdekaan untuk mencapai Kehidupan yang dicita-citakan
C. Sebab kemerdekaan adalah hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia
D. Sebab kemerdekaan adalah atas rahmah dari Allah Yang Maha Kuasa
74. Apakah yang diperlukan untuk menghadapi ancaman pada era orde baru dan era reformasi ?
A. Persenjataan yang lengkap dan strategi tempur yang canggih
B. Kesadaran setiap warga negara memberantas KKN dan ketidakadilan
C. Jumlah personil militer yang besar dan terlatih
D. Persenjataan yang canggih dengan jumlah personil militer yang besar dan terlatih
75. Korupsi, kolusi, dan nepotisme harus dikikis habis sebab merupakan….
A. Hambatan
B. Ancaman
C. Tantangan
D. Gangguan
76. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang dilaksanakan di sekolah-sekolah adalah realisasi dari ….
A. UU. No. 20 Tahun 1982
B. UU. No. 5 Tahun 1975
C. UU. No 18 Tahun 1964
D. UU. No. 29 Tahun 1954
77. Apakah yang melatar belakangi lahirnya UU. No. 29 tahun 1954 ?
A. Untuk melindungi wilayah Indonesia dengan kekayaan alamnya.
B. Untuk mengantisipasi Agresi militer Belanda
C. Untuk menjaga keamanan negara
D. Untuk mengantisipasi ancaman fisik, non fisik, dan gejolak sosial yang mungkin timbul.
78.Siapakah yang menjadi kekuatan utama usaha pertahanan dan keamanan negara ?
A. Rakyat Indonesia
B. TNI dan Polri
C. Rakyat terlatih dan TNI
D. TNI, Polri, dan Rakyat terlatih
79.Kewajiban setiap warga negara turut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara diatur dalam ….
A. Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
B. Pasal 28 J UUD 1945
C. Pasal 30 ayat 1 UUD 1945
D. Pasal 30 ayat 2 UUD 1945
80.Gerakan Papua Merdeka (GPM) dapat di golongkan kedalam bentuk….
A. Tantangan
B. Ancaman
C. Gangguan
D. Hambatan
81. Apakah yang dimaksud dengan prestasi ?
A. Sesuatu yang diwariskan oleh orang tua
B. Hasil yang dicapai dari apa yang telah dikerjakan
C. Sesuatu yang dicapai dengan memanfaatkan segala macam cara
D. Sesuatu yang dicapai melalui pemberian orang lain
82. Apakah yang diperlukan untuk mencapai prestasi yang tinggi ?
A. Kerja keras dan jiwa besar
B. Dukungan dari berbagai pihak dan kerja sama
C. Menggunakan setiap peluang untuk mencapai tujuan
D. Motivasi yang tinggi agar terkenal
83. Potensi kecerdasan, menganalisis, dan menghitung adalah termasuk potensi….
A. Fisik
B. Emosional
C. Mental intelektual
D. Mental spiritual
84. Salah satu contoh potensi Sosial adalah ….
A. Kecerdasan
B. Kemampuan menganalisis
C. Daya juang yang tinggi
D. Kesadaran diri
85. Apakah yang membedakan orang yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi ?
A. Orang yang berprestasi tidak pernah mengalami kegagalan
B. Orang yang berprestasi selalu berhasil setiap usahanya
C. Orang yang tidak berprestasi mampu memanfaatkan peluang yang ada
D. Orang yang berprestasi ulet dan pantang menyerah
86. Apakah syaratnya agar menjadi orang yang kreatif ?
A. Bersikap terbuka, berani mencoba, dan pantang menyerah
B. Bersikap tertutup, ulet, dan melakukan sesuatu jika menguntungkan
C. Mengutamakan pendapat sendiri, ulet, dan percaya diri
D. Berani mengambil resiko, pantang menyerah, dan bekerja sendiri
87. Persyaratan apakah yang harus dimiliki seorang pelajar agar dapat meraih prestasi yang tinggi ?
A. Memiliki buku yang banyak, lengkap, dan finansial yang cukup
B. Kerja keras, tekun, dan displin
C. Aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan memiliki sarana belajar yang lengkap
D. Memiliki kemauan yang kuat dengan menghalalkan segala macam cara
88. Adam Smith, seorang warga negara Inggris ahli di bidang …..
A. Kimia
B. Ekonomi
C. Fisika
D. Kesusastraan
89. Selain keuletas, ketangguhan, dan displin, apakah yang diperlukan untuk meraih prestasi ?
A. Mampu bekerja mandiri
B. Mampu memenuhi kebutuhan sendiri
C. Mampu melakukan pendekatan pada orang lain
D. Aktif dalam berbagai bidang.
90. Hal apakah yang dapat membuat seseorang gagal meraih prestasi ?
A. Pantang menyerah
B. Mampu merencanakan sesuatu
C. Tidak mampu mengendalikan amarah
D. Motivasi yang tinggi
91. Apakah yang mendorong lahirnya globalisasi ?
A. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat
B. Semakin terbatasnya tempat tinggal manusia
C. Berkembangnya pergaulan antar bangsa
D. Perkembangan IPTEK terutama komunikasi dan informasi
92. Sebutkan salah satu ciri globalisasi !
A. Semakin terbatasnya lapangan kerja
B. Semakin banyaknya jumlah manusia
C. Hilangnya sekat-sekat yang memisahkan antar negara
D. Semakin majunya sarana transpotasi dan komunikasi
93. Sebutkan salah satu gagasan yang sudah dianggap merupakan kemauan masyarakat dunia !
A. Bentuk negara Republik
B. Hak Asasi Manusia
C. Penjajahan
D. Pergaulan bebas
94. Sebutkan salah satu contoh gaya hidup masyarakat yang sudah mengglobal !
A. Penggunaan sarana Hand Phone
B. Cara makan
C. Kebiasaan berwisata
D. Penggunaan gelar
95. Perilaku anarkhis pada saat berdemonstrasi, adalah dampak negatif globalisasi dalam aspek ….
A. Ekonomi
B. Sosial Budaya
C. Politik
D. Hankam
96. Sebutkan salah satu dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi !
A. Tumbuhnya lapangan-lapangan kerja baru
B. Terjadinya persaingan bebas
C. Terbukanya kesempatan berhubungan dengan negara lain
D. Terbukanya kesempatan untuk melakukan monopoli
97. Apakah yang dimaksud dengan hedoisme ?
A. Paham yang selalu memikirkan masa depan
B. Paham yang mengutamakan diri sendiri (individualistis)
C. Paham yang selalu memikirkan kepentingan bersama
D. Paham yang memandang kenikmatan pribadi sebagai nilai tertinggi
98. Salah satu contoh sikap hedoisme adalah ….
A. Kebiasaan mengkonsumsi narkotika
B. Semakin berkurangnya kepedulian terhadap sesama
C. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi
D. Tidak tanggap terhadap penderitaan orang lain
99. Upaya apakah yang dapat dilakukan untuk menghadapi era perdagangan bebas ?
A. Menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya
B. Menyediakan sarana pendidikan dan latihan bagi para pencari kerja
C. Membatasi masuknya modal dari luar negeri
D. Mempersulit izin usaha bagi para penanam modal asing
100. Sebutkan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menarik ivestor menanmkan modal di Indonesia !
A. Pemerintah menyediakan tenaga kerja yang murah
B. Pemerintah menyediakan sarana-sarana yang diperlukan oleh para investor
C. Pemerintah membatasi penanam modal dari dalam negeri
D. Pemerintah mengeluarkan UU yang menjamin kepastian berusaha dan keamanan.
101. Tanggung jawab belajar berada pada diri peserta didik, tetapi guru bertangung jawab pula dalam hal berikut, kecuali....
a. mendorong prakarsa
b. memberikan motivasi
c. memberikan materi agar dihafalkan
d. mendukung siswa belajar sepanjang hayat
102. Cara penugasan yang efektif untuk mengaktifkan siswa antara lain dilakukan dengan..., kecuali...
a. dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat saja
b. penugasan yang sederhana
c. perintah-perintah yang jelas
d. tanpa menyediakan sumber belajar
103. Belajar bukanlah proses menyerap pengetahuan bentukan guru yang sudah jadi. Hal ini terbukti....
a. anak didik dikelas berbeda mendapatkan hasil ulangan berbeda-beda
b. anak dikelas berbeda mendapatkan hasil ulangan yang sama
c. anak didik dikelas yang sama mendapatkan hasil ulangan berbeda-beda
d. anak didik dikelas yang sama mendapatkan hasil ulangan yang sama
104. Mengingat belajar adalah kegiatan aktif peserta didik, yaitu ..., maka peran guru jangan sampai merebut otoritas peserta didik dalam membangun gagasannya.
a. membangun pemahaman
b. mentranfer pengetahuan
c. menyerap pengetahuan
d. menggunakan fikiran
105. Pembelajaran perlu menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar. Artinya, pembelajaran memperhatikan ... peserta didik.
a. latar belakang sosial
b. situasi lingkungan
c. suasana kejiwaan
d. cara dan strategi belajar
106. Interaksi antarsiswa dalam belajar kelompok dapat mempertajam, memperdalam, memantapkan, atau menyempurnakan gagasan, karena mereka...
a. takut mendapat nilai buruk
b. memperoleh tanggapan dari siswa lain
c. malu jika kalah dengan teman
d. pada dasarnya orang tidak mau kalah dihadapan orang lain
107. Potensi peserta didik yang menjadi modal dasar untuk bersikap peka, kritis, mandiri, dan kreatif adalah....
a. rasa ingin tahu
b. rasa bersalah
c. rasa harga diri
d. rasa percaya diri
108. Pembelajaran perlu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan semangat berkompetisi yang sehat untuk, oleh karenanya perlu menyediakan tugas-tugas yang memungkinkan peserta didik
a. bekerjasama dengan siswa lain
b. bekerja secara mandiri
c. bersaing untuk mendapat nilai yang tertinggi
d. bekerja secara tim
109. Salah satu cara untuk mengetahui tahap awal pengetahuan peserta didik dari serangkaian kegiatan bisa dilakukan melalui....
a. curah pendapat (brain storming)
b. pretes
c. apersepsi
d. semua jawaban tersebut benar
110. Terdapat beberapa cara yang menjamin bahwa peserta didik secara aktif terlibat dalam kerja praktik, yaitu...kecuali....
a. memberi perintah-perintah dalam suatu susunan acak
b. memberi para peserta didik perintah secara berurutan
c. meminta peserta untuk meramalkan hasil-hasil dari kegiatan praktik
d. siswa diberi suatu kumpulan peralatan yang tepat
111. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk ....
a. mencapai tujuan pembelajaran
b. memudahkan guru mengajar
c. memberi pedoman keterlibatan siswa
d. memperjelas materi pembelajaran
112. Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ....
a. demontrasi
b. simulasi
c. diskusi atau curah gagasan
d. penelusuran informasi
113. Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a. informasi dan ide tertentu
b. keterampilan
c. nilai dan cara berfikir
d. jawaban a, b, dan c benar
114. Strategi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a. strategi pengelolaan informasi
b. strategi personal
c. strategi sosial
d. strategi sistem perilaku
115. Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi ...
a. pengelolaan informasi
b. personal
c. sosial
d. sistem perilaku
116. Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a. bukan contoh
b. definisi
c. nilai dari cir-ciri
d. unsur dari ciri-ciri
117. Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a. induktif
b. deduktif
c konstruktivistik
d. klarifikasi nilai
118. Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a. pengungkapan perasaan
b. analogi
c. pilihan rasional
d. analisis rasional
119. Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a. pembentukan kepedulian
b. analogi
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
120. Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....
a. pembelantukan kepedulian
b. aksi sosial
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
121. Proses pembelajaran kontekstual berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa hal ini berarti....
a. hasil pembelajaran lebih dipentingkan daripada proses
b. strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil
c. tujuan pembelajaran lebih diutamakan daripada cara
d. cara pembelajaran lebih diutamakan daripada tujuan
122. Pemicu digunakannya pembelajaran kontekstual, karena kelemahan pada pembelajaran tradisional antara lain..., kecuali...
a. belum mampu menyiapkan lulusan mampu bekerja di masyarakat
b. para siswa hanya diajak untuk menyerap, tetapi tidak menggunakan pengetahuannya
c. didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal
d. menghilangkan pemisahan antara pembelajaran teoretis dan praktis
123. Melalui strategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui....
a. bertanya
b. menghafal
c. mengalami
d. menyerap informasi
124. Pernyataan ini tepat untuk menandai pembelajaran berbasis CTL, yaitu....
a. pembelajaran hanya terjadi dalam kelas
b. sanksi adalah hukuman dari perilaku jelek
c. perilaku baik berdasar motivasi estrinsik
d. perilaku dibangun atas kesadaran diri
125. Pernyataan ini tidak tepat untuk menggambarkan ciri pembelajaran kontekstual, yaitu....
a. kebenaran bersifat absolut dan pengetahuan bersifat final
b. pembelajaran terjadi di berbagai tempat, konteks, dan setting
c. penyesalan adalah hukuman dari perilaku jelek
d. perilaku baik berdasar motivasi instrinsik
126. Pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas (sempit) dan tidak sekonyong-konyong. Pernyataan ini sesuai dengan komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. konstruktivisme
c. modelling
d. masyarakat belajar
127. CTL menekankan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi hasil....
a. penerimaan yang senang hati
b. mentransfer informasi
c. dari menemukan sendiri
d. proses ingin tahu
128. Dalam pembelajaran kontekstual, kegiatan bertanya digunakan untuk..., kecuali....
a. menggali informasi, baik administrasi maupun akademis
b. mengecek pemahaman siswa
c. menambah pengetahuan
d. membangkitkan respon kepada siswa
129. Hasil belajar diperoleh dari sharing antar teman, antarkelompok, dan antara yang tahu ke yang belum tahu. Ini makna dari komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. masyarakat belajar
c. konstruktivisme
d. modelling
130. Kalau begitu, cara saya menyimpan file selama ini salah, ya!. Merupakan ungkapan salah satu komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. refleksi
c. konstruktivisme
d. modeling
131. Kelas adalah cermin dari masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar dalam kehidupan nyata. Hal itu merupakan pernyataan yang sesuai untuk pembelajaran....
a. kontekstual
b. kooperatif
c. kuantum
d. berbasis masalah
132. Berikut ini merupakan ciri-ciri pembelajaran kooperatif , kecuali...
a. belajar dalam kelompok kecil
b. produktif berbicara atau mengemukakanpendapat/gagasan
c. siswa membuat keputusan
d. antar anggota saling bersaing
133. Melalui strategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui....
a. bertanya
b. menghafal
c. mengalami
d. menyerap informasi
134. Pembelajaran koperatif mempunyai sistem evaluasi yang dilakukan berdasarkan pencapaian hasil belajar, berupa....
a. komulatif dalam kelompok
b. prestasi setiap anggota tidak menentukan
c. penguasaan materi pelajaran setiap siswa tidak bermakna
d. fikiran aktif dan kreatif tidak dihargai
135. Tujuan pembelajaran kooperatif antara lain....
a. hasil belajar akademik
b. pengakuan adanya keragaman
c. pengembangan keterampilan sosial
d. jawaban a, b, dan c benar
136. Setiap murid dalam kelompok (kelompok asal) nantinya akan diberi tugas untuk menjadi tim ahli pada suatu topik tertentu, hal ini merupakan ciri dari pembelajaran kooperatif tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
137. Model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu anggota adalah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
138. Pembelajaran kooperatif, dimana antarkelompok dipertandingkan suatu permainan edukatif adalah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. TGT
139. Pembelajaran kooperatif yang diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya adalah tipe....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI
d. TGT
140. Pembelajaran kooperatif yang mensyaratkan dalam kelompok ada siswa yang pandai, sedang, dan lemah, serta masing-masing siswa sebaiknya merasa cocok satu sama lain adalah tipe.....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI
d. TGT
141. Kegiatan menetapkan siswa naik kelas atau tidak naik kelas adalah kegiatan ….
A. Pengukuran
B. Membandingkan
C. Penilaian
D. Mengevaluasi
142. Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !
A. Pengukuran dan penafsiran
B. Pengukuran dan penilaian
C. Penilaian dan penafsiran
D. Penilaian dan evaluasi
143. Pedoman yang digunakan guru dalam mengembangkan alat evaluasi adalah ….
A. Kurikulum
B. Tujuan Pembelajaran
C. Buku Pelajaran
D. Kisi-kisi tes
144. Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah….
A. Hasilnya lebih valid
B. Hasilnya lebih reliabel
C. Hasilnya lebih akurat
D. Hasilnya memuaskan semua pihak
145. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa disebut …..
A. Selection tes
B. Placement tes
C. Achievement tes
D. Diagnostic tes
146. Manfaat hasil penilaian bagi siswa adalah sebagai berikut, KECUALI:
A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
B. Mendorong siswa belajar
C. Mengetahui ketepatan cara belajar
D. Mengetahui kemajuan belajar
147. Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian adalah …..
A. Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
B. Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
C. Menetapkan kriteria penilaian
D. Menetapkan tujuan penilaian
148. Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….
A. Tes yang reliabel
B. Tes yang valid
C. Tes yang memiliki daya beda
D. Tes yang memiliki derajat kesukaran yang memadai.
149. Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam memilih metode penilaian yang akan digunakannya ?
A. Aspek/ranah yang akan diukur
B. Jumlah siswa
C. Materi pelajaran
D. Waktu yang tersedia
150. Siapa sajakah yang dapat memanfaatkan hasil penilaian ?
A. Guru dan siswa
B. Guru dan sekolah/lembaga
C. Sekolah dan siswa
D. Siswa, guru, dan Sekolah
151. Tes apakah yang memberi kebebasan kepada siswa untuk menyusun jawabannya sesuai dengan kemampuannya ?
a. Tes pilihan ganda
b. Tes Uraian
c. Tes asosiasi pilihan ganda
d. Tes tinjauan kasus
152. Sebutkan salah satu kelemahan tes uraian !
A. Validitasnya tinggi
B. Reliabilitasnya tinggi
C. Sangat cocok dipakai untuk siswa dalam jumlah yang besar
D. Hanya sedikit saja kemampuan siswa yang dapat diukur.
153. Sebutkan salah satu ciri khas tes objektif !
A. Jawaban untuk setiap soal mutlak benar dan mutlak salah
B. Disusun dalam jumlah soal yang kecil
C. Petunjuk untuk mengerjakan soal semuanya sama
D. Tes objektif validitasnya rendah
154. Salah satu kelemahan tes objektif adalah….
A.. Tidak ada kemungkinan siswa memperoleh nilai nol
B. Sangat dimungkinkan siswa menjawab secara tebakan
C. Tingkat reliabilitas tes rendah
D. Untuk mengkoreksi pekerjaan siswa diperlukan keahlian.
155. Tes pilihan ganda yang meminta siswa untuk memilih salah satu jawaban yang merupakan kata-kata yang dikosongkan disebut …..
A. Perkecualian
B. Hubungan antar hal
C. Assosiasi pilihan ganda
D. Melengkapi pilihan
156. Apakah sebabnya tes buatan guru tidak termasuk tes tes standar ?
A. Sebab tidak pernah di tryoutkan.
B. Hanya digunakan untuk kepentingan sendiri
C. Karena tidak melalui proses standarisasi.
D. Guru Bukan ahli Menyusun soal
157. Tes pilihan ganda yang strukturnya terdiri dari dua kalimat yang dihubungan dengan kata sebab, disebut tes …..
A. Melengkapi jawaban
B. Asosiasi pilihan ganda
C. Tinjauan kasus
D. Hubungan antar hal
158. Untuk mengukur aspek afektif sebaiknya guru menggunakan tes apa ?
A. Tes Uraian
B. Tes Objektif
C. Non Tes
D. Tes Pilihan Ganda
159. Apakah yang dimaksud dengan wawancara terpimpin ?
A. Wawancara yang dipimpin oleh guru
B. Wawancara yang menggunakan alat perekan wawancara
C. Wawancara yang terikat dengan protokoler
D. Wawancara yang dilakukan dengan menyajikan pertanyaan yang telah disiapkan.
160. Apakah gunanya dokumen dalam penilaian ?
A. untuk melengkapai data-data yang telah diperoleh dengan tes lain.
B. Sebagai bahan utama menentukan hasil belajar siswa
C. Untuk menetapkan kompetensi siswa
D. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keberhasilan siswa
161. Apakah sebabnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menerapkan Penilaian Berbasis Kelas ?
A. Karena penialain harus dilaksanakan di dalam kelas.
B. Karena penilaian dilakukan secara terpadu dengan kegiatan belajar mengajar
C. Karena penilaian hanya dapat dilakukan oleh yang mengajar di kelas tersebut.
D. Karena penilaian menggunakan berbagai macam teknik penilaian.
162. Bagaimanakah pelaksanaan penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikompotor dalam penilaian berbasis kelas ?
A. Dilaksanakan secara proporsional sesuai dengan sifat mata pelajaran.
B. Dilaksanakan secara proporsional tanpa membedakan mata pelajaran
C. Dilaksanakan dengan mengutamakan ranah kognitif.
D. Dilaksanakan tanpa membeda-bedakan mata pelajaran.
163. Tes yang menuntut siswa untuk melakukan tugas dalam bentuk perbuatan yang dapat diamati guru disebut …..
A. Tes Penugasan
B. Tes Proyek
C. Tes Penampilan
D. Tes Penilaian diri
164. Apakah yang dimaksud dengan prinsip penilaian berkala ?
A. Penilaian yang dilaksanakan hanya pada waktu-waktu tertentu
B. Penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
C. Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai mengajar
D. Penilaian yang dilaksanakan setiap selesai satu satuan pelajaran dilaksanakan.
165. Apakah yang dimaksud dengan indikator penilaian ?
A. Kemampuan-kemampuan yang akan diukur
B. Kemampuan-kemampun minimal yang akan dinilai.
C. Unsur-unsur pokok yang dapat menjelaskan kemampuan siswa setelah menyelesaikan pelajaran
D. Kemampuan minimal yang diharapkan dimiliki siswa
166. Apakah tujuan memberikan tugas-tugas terstruktur kepada peserta didik ?
A. Agar siswa lebih mendalami dan memperluas penguasaan materi pelajaran.
B. Agar siswa memiliki kegiatan yang positif di luar jam pelajaran
C. Untuk mendorong siswa lebih giat belajar
D. Agar siswa dapat berlatih mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
167. Siapakah yang bertugas mengisi nilai tugas terstruktur pada portofolio masing-masing siswa ?
A. Guru mata pelajaran yang bersangkutan
B. Petugas yang ditunjuk sekolah
C. Masing-masing siswa, kemudian di cek dan diparaf guru
D. Guru wali kelas yang kemudia diparaf oleh Kepala Sekolah.
168. Siapakah yang bertugas mencatat perilaku harian siswa pada buku catatan anekdot ( anecdotal record) ?
A, Guru bimbingan dan konseling
B. Guru piket yang bertugas pada saat kejadian terjadi
C. Guru wali kelas siswa
D. Guru mata pelajaran yang bersangkutan.
169. Apakah latar belakang dilaksanakannya penilaian terhadap laporan harian siswa ?
A. Sebab siswa lebih banyak berada di luar sekolah
B. Sebab belajar tidak hanya dibatasi oleh dinding kelas
C. Sebab belajar hanya dapat berlangsung di sekolah saja
D. Sebab belajar harus dibimbing oleh guru di sekolah.
170. Apakah syaratnya agar hasil penilaian diri dapat digunakan sebagai layaknya penilaian yang dilakukan oleh guru ?
A. Jika dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan
B. Jika dilaksanakan secara komprehensif.
C. Jika dilaksanakan setiap saat secara berkala dan terpadu.
D. Jika dilaksanakan secara objektif dan jujur.
171. Siswa belajar akan lebih mudah memahami materi dan tidak verbalistis apabila dalam pembelajaran:
a. Guru menjelaskan materi pelajaran dengan cermah dan tanya jawab
b. Guru menggunakan variasi media grafis
c. Siswa belajar melalui pengalaman teman sekelasnya
d. Siswa belajar dengan mengalami dan melakukan sendiri
172. Berikut ini termasuk pengertian/makna media pembelajaran:
a. sebuah televisi, film, video
b. OHP yang bersisi pesan pembelajaran
c. sebuah OHP, proyektor
d. sebuah foto, gambar, sketsa
173. Media meliputi hardware dan software. Yang termasuk media dalam arti hardware berikut ini adalah:
a. Overhead Proyektor
b. Gambar/foto
c. Ovaerhead Transparansi
d. Slide
174. Apabila seorang guru akan menjelaskan suatu materi pelajaran yang cukup banyak, dan jumlah siswa yang dihadapi juga besar, maka media yang tepat untuk pembelajaran tersebut adalah pembelajaran melalui:
a. televisi
b. komputer
c. overhead transparansi
d. gambar/foto
175. Seorang guru PKn akan mengajarkan demokrasi. Jika ingin menggunakan media yang dapat menggambarkan proses atau suasana demokrasi, maka media pembelajaran yang dipilih adalah:
a. OHP
b. Internet
c. Televisi
d. Film/video
176. Secara umum penggunaan media dalam pembelajaran memiliki manfaat atau kegunaan sebagai berikut, kecuali:
a. memperjelas penyampaian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
b. mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c. memerlukan perencanaan yang teliti dan tepat
d. merangsang motivasi belajar siswa
177. Salah satu keuntungan penggunaan media OHP dalam pembelajaran antara lain:
a. guru dapat menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b. dapat menyampaikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c. dapat menyajikan animasi
d. pembelajaran berskala intgernasional
178. Internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena memiliki kelebihan antara lain:
a. guru dapat menghadapi siswa dalam jumlah besar dan tetap berhadapan dengan siswa
b. dapat menyampaikan materi pelajaran yang menggambarkan proses
c. dapat menyajikan animasi
d. pembelajaran berskala internasional
179. Sebagai media, televisi dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Namun demikian penggunaan tv untuk pembelejaran memiliki kelemahan sebagai berikut, kecuali:
a. sifat komunikasinya satu arah;
b. dapat mengganggu jadwal pelajaran di sekolah
c. sifatnya langsung dan nyata, dengan TV siswa tahu kejadian-kejadian mutakhir
d. program di luar kontrol guru
180. Untuk menyajikan media pembelajaran yang disertai dengan animasi, maka media yang digunakan adalah:
a. OHT
b. Slide
c. Multimedia
d. Foto/gambar
Loading...
No comments:
Post a Comment