81. Apakah yang dimaksud dengan prestasi ?
A. Sesuatu yang diwariskan oleh orang tua
B. Hasil yang dicapai dari apa yang telah dikerjakan
C. Sesuatu yang dicapai dengan memanfaatkan segala macam cara
D. Sesuatu yang dicapai melalui pemberian orang lain
82. Apakah yang diperlukan untuk mencapai prestasi yang tinggi ?
A. Kerja keras dan jiwa besar
B. Dukungan dari berbagai pihak dan kerja sama
C. Menggunakan setiap peluang untuk mencapai tujuan
D. Motivasi yang tinggi agar terkenal
83. Potensi kecerdasan, menganalisis, dan menghitung adalah termasuk potensi….
A. Fisik
B. Emosional
C. Mental intelektual
D. Mental spiritual
84. Salah satu contoh potensi Sosial adalah ….
A. Kecerdasan
B. Kemampuan menganalisis
C. Daya juang yang tinggi
D. Kesadaran diri
85. Apakah yang membedakan orang yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi ?
A. Orang yang berprestasi tidak pernah mengalami kegagalan
B. Orang yang berprestasi selalu berhasil setiap usahanya
C. Orang yang tidak berprestasi mampu memanfaatkan peluang yang ada
D. Orang yang berprestasi ulet dan pantang menyerah
86. Apakah syaratnya agar menjadi orang yang kreatif ?
A. Bersikap terbuka, berani mencoba, dan pantang menyerah
B. Bersikap tertutup, ulet, dan melakukan sesuatu jika menguntungkan
C. Mengutamakan pendapat sendiri, ulet, dan percaya diri
D. Berani mengambil resiko, pantang menyerah, dan bekerja sendiri
87. Persyaratan apakah yang harus dimiliki seorang pelajar agar dapat meraih prestasi yang tinggi ?
A. Memiliki buku yang banyak, lengkap, dan finansial yang cukup
B. Kerja keras, tekun, dan displin
C. Aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan memiliki sarana belajar yang lengkap
D. Memiliki kemauan yang kuat dengan menghalalkan segala macam cara
88. Adam Smith, seorang warga negara Inggris ahli di bidang …..
A. Kimia
B. Ekonomi
C. Fisika
D. Kesusastraan
89. Selain keuletas, ketangguhan, dan displin, apakah yang diperlukan untuk meraih prestasi ?
A. Mampu bekerja mandiri
B. Mampu memenuhi kebutuhan sendiri
C. Mampu melakukan pendekatan pada orang lain
D. Aktif dalam berbagai bidang.
90. Hal apakah yang dapat membuat seseorang gagal meraih prestasi ?
A. Pantang menyerah
B. Mampu merencanakan sesuatu
C. Tidak mampu mengendalikan amarah
D. Motivasi yang tinggi
91. Apakah yang mendorong lahirnya globalisasi ?
A. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat
B. Semakin terbatasnya tempat tinggal manusia
C. Berkembangnya pergaulan antar bangsa
D. Perkembangan IPTEK terutama komunikasi dan informasi
92. Sebutkan salah satu ciri globalisasi !
A. Semakin terbatasnya lapangan kerja
B. Semakin banyaknya jumlah manusia
C. Hilangnya sekat-sekat yang memisahkan antar negara
D. Semakin majunya sarana transpotasi dan komunikasi
93. Sebutkan salah satu gagasan yang sudah dianggap merupakan kemauan masyarakat dunia !
A. Bentuk negara Republik
B. Hak Asasi Manusia
C. Penjajahan
D. Pergaulan bebas
94. Sebutkan salah satu contoh gaya hidup masyarakat yang sudah mengglobal !
A. Penggunaan sarana Hand Phone
B. Cara makan
C. Kebiasaan berwisata
D. Penggunaan gelar
95. Perilaku anarkhis pada saat berdemonstrasi, adalah dampak negatif globalisasi dalam aspek ….
A. Ekonomi
B. Sosial Budaya
C. Politik
D. Hankam
96. Sebutkan salah satu dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi !
A. Tumbuhnya lapangan-lapangan kerja baru
B. Terjadinya persaingan bebas
C. Terbukanya kesempatan berhubungan dengan negara lain
D. Terbukanya kesempatan untuk melakukan monopoli
97. Apakah yang dimaksud dengan hedoisme ?
A. Paham yang selalu memikirkan masa depan
B. Paham yang mengutamakan diri sendiri (individualistis)
C. Paham yang selalu memikirkan kepentingan bersama
D. Paham yang memandang kenikmatan pribadi sebagai nilai tertinggi
98. Salah satu contoh sikap hedoisme adalah ….
A. Kebiasaan mengkonsumsi narkotika
B. Semakin berkurangnya kepedulian terhadap sesama
C. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi
D. Tidak tanggap terhadap penderitaan orang lain
99. Upaya apakah yang dapat dilakukan untuk menghadapi era perdagangan bebas ?
A. Menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya
B. Menyediakan sarana pendidikan dan latihan bagi para pencari kerja
C. Membatasi masuknya modal dari luar negeri
D. Mempersulit izin usaha bagi para penanam modal asing
100. Sebutkan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menarik ivestor menanmkan modal di Indonesia !
A. Pemerintah menyediakan tenaga kerja yang murah
B. Pemerintah menyediakan sarana-sarana yang diperlukan oleh para investor
C. Pemerintah membatasi penanam modal dari dalam negeri
D. Pemerintah mengeluarkan UU yang menjamin kepastian berusaha dan keamanan.
101. Tanggung jawab belajar berada pada diri peserta didik, tetapi guru bertangung jawab pula dalam hal berikut, kecuali....
a. mendorong prakarsa
b. memberikan motivasi
c. memberikan materi agar dihafalkan
d. mendukung siswa belajar sepanjang hayat
102. Cara penugasan yang efektif untuk mengaktifkan siswa antara lain dilakukan dengan..., kecuali...
a. dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat saja
b. penugasan yang sederhana
c. perintah-perintah yang jelas
d. tanpa menyediakan sumber belajar
103. Belajar bukanlah proses menyerap pengetahuan bentukan guru yang sudah jadi. Hal ini terbukti....
a. anak didik dikelas berbeda mendapatkan hasil ulangan berbeda-beda
b. anak dikelas berbeda mendapatkan hasil ulangan yang sama
c. anak didik dikelas yang sama mendapatkan hasil ulangan berbeda-beda
d. anak didik dikelas yang sama mendapatkan hasil ulangan yang sama
104. Mengingat belajar adalah kegiatan aktif peserta didik, yaitu ..., maka peran guru jangan sampai merebut otoritas peserta didik dalam membangun gagasannya.
a. membangun pemahaman
b. mentranfer pengetahuan
c. menyerap pengetahuan
d. menggunakan fikiran
a. latar belakang sosial
b. situasi lingkungan
c. suasana kejiwaan
d. cara dan strategi belajar
106. Interaksi antarsiswa dalam belajar kelompok dapat mempertajam, memperdalam, memantapkan, atau menyempurnakan gagasan, karena mereka...
a. takut mendapat nilai buruk
b. memperoleh tanggapan dari siswa lain
c. malu jika kalah dengan teman
d. pada dasarnya orang tidak mau kalah dihadapan orang lain
107. Potensi peserta didik yang menjadi modal dasar untuk bersikap peka, kritis, mandiri, dan kreatif adalah....
a. rasa ingin tahu
b. rasa bersalah
c. rasa harga diri
d. rasa percaya diri
108. Pembelajaran perlu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan semangat berkompetisi yang sehat untuk, oleh karenanya perlu menyediakan tugas-tugas yang memungkinkan peserta didik
a. bekerjasama dengan siswa lain
b. bekerja secara mandiri
c. bersaing untuk mendapat nilai yang tertinggi
d. bekerja secara tim
109. Salah satu cara untuk mengetahui tahap awal pengetahuan peserta didik dari serangkaian kegiatan bisa dilakukan melalui....
a. curah pendapat (brain storming)
b. pretes
c. apersepsi
d. semua jawaban tersebut benar
110. Terdapat beberapa cara yang menjamin bahwa peserta didik secara aktif terlibat dalam kerja praktik, yaitu...kecuali....
a. memberi perintah-perintah dalam suatu susunan acak
b. memberi para peserta didik perintah secara berurutan
c. meminta peserta untuk meramalkan hasil-hasil dari kegiatan praktik
d. siswa diberi suatu kumpulan peralatan yang tepat
111. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk ....
a. mencapai tujuan pembelajaran
b. memudahkan guru mengajar
c. memberi pedoman keterlibatan siswa
d. memperjelas materi pembelajaran
112. Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ....
a. demontrasi
b. simulasi
c. diskusi atau curah gagasan
d. penelusuran informasi
113. Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a. informasi dan ide tertentu
b. keterampilan
c. nilai dan cara berfikir
d. jawaban a, b, dan c benar
114. Strategi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a. strategi pengelolaan informasi
b. strategi personal
c. strategi sosial
d. strategi sistem perilaku
115. Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi ...
a. pengelolaan informasi
b. personal
c. sosial
d. sistem perilaku
116. Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a. bukan contoh
b. definisi
c. nilai dari cir-ciri
d. unsur dari ciri-ciri
117. Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a. induktif
b. deduktif
c konstruktivistik
d. klarifikasi nilai
118. Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a. pengungkapan perasaan
b. analogi
c. pilihan rasional
d. analisis rasional
119. Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a. pembentukan kepedulian
b. analogi
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
120. Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....
a. pembelantukan kepedulian
b. aksi sosial
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
121. Proses pembelajaran kontekstual berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa hal ini berarti....
a. hasil pembelajaran lebih dipentingkan daripada proses
b. strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil
c. tujuan pembelajaran lebih diutamakan daripada cara
d. cara pembelajaran lebih diutamakan daripada tujuan
122. Pemicu digunakannya pembelajaran kontekstual, karena kelemahan pada pembelajaran tradisional antara lain..., kecuali...
a. belum mampu menyiapkan lulusan mampu bekerja di masyarakat
b. para siswa hanya diajak untuk menyerap, tetapi tidak menggunakan pengetahuannya
c. didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal
d. menghilangkan pemisahan antara pembelajaran teoretis dan praktis
123. Melalui strategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui....
a. bertanya
b. menghafal
c. mengalami
d. menyerap informasi
124. Pernyataan ini tepat untuk menandai pembelajaran berbasis CTL, yaitu....
a. pembelajaran hanya terjadi dalam kelas
b. sanksi adalah hukuman dari perilaku jelek
c. perilaku baik berdasar motivasi estrinsik
d. perilaku dibangun atas kesadaran diri
125. Pernyataan ini tidak tepat untuk menggambarkan ciri pembelajaran kontekstual, yaitu....
a. kebenaran bersifat absolut dan pengetahuan bersifat final
b. pembelajaran terjadi di berbagai tempat, konteks, dan setting
c. penyesalan adalah hukuman dari perilaku jelek
d. perilaku baik berdasar motivasi instrinsik
126. Pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas (sempit) dan tidak sekonyong-konyong. Pernyataan ini sesuai dengan komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. konstruktivisme
c. modelling
d. masyarakat belajar
127. CTL menekankan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi hasil....
a. penerimaan yang senang hati
b. mentransfer informasi
c. dari menemukan sendiri
d. proses ingin tahu
128. Dalam pembelajaran kontekstual, kegiatan bertanya digunakan untuk..., kecuali....
a. menggali informasi, baik administrasi maupun akademis
b. mengecek pemahaman siswa
c. menambah pengetahuan
d. membangkitkan respon kepada siswa
129. Hasil belajar diperoleh dari sharing antar teman, antarkelompok, dan antara yang tahu ke yang belum tahu. Ini makna dari komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. masyarakat belajar
c. konstruktivisme
d. modelling
130. Kalau begitu, cara saya menyimpan file selama ini salah, ya!. Merupakan ungkapan salah satu komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. refleksi
c. konstruktivisme
d. modeling
131. Kelas adalah cermin dari masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar dalam kehidupan nyata. Hal itu merupakan pernyataan yang sesuai untuk pembelajaran....
a. kontekstual
b. kooperatif
c. kuantum
d. berbasis masalah
132. Berikut ini merupakan ciri-ciri pembelajaran kooperatif , kecuali...
a. belajar dalam kelompok kecil
b. produktif berbicara atau mengemukakanpendapat/gagasan
c. siswa membuat keputusan
d. antar anggota saling bersaing
133. Melalui strategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui....
a. bertanya
b. menghafal
c. mengalami
d. menyerap informasi
134. Pembelajaran koperatif mempunyai sistem evaluasi yang dilakukan berdasarkan pencapaian hasil belajar, berupa....
a. komulatif dalam kelompok
b. prestasi setiap anggota tidak menentukan
c. penguasaan materi pelajaran setiap siswa tidak bermakna
d. fikiran aktif dan kreatif tidak dihargai
135. Tujuan pembelajaran kooperatif antara lain....
a. hasil belajar akademik
b. pengakuan adanya keragaman
c. pengembangan keterampilan sosial
d. jawaban a, b, dan c benar
136. Setiap murid dalam kelompok (kelompok asal) nantinya akan diberi tugas untuk menjadi tim ahli pada suatu topik tertentu, hal ini merupakan ciri dari pembelajaran kooperatif tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
137. Model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu anggota adalah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
138. Pembelajaran kooperatif, dimana antarkelompok dipertandingkan suatu permainan edukatif adalah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. TGT
139. Pembelajaran kooperatif yang diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya adalah tipe....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI
d. TGT
140. Pembelajaran kooperatif yang mensyaratkan dalam kelompok ada siswa yang pandai, sedang, dan lemah, serta masing-masing siswa sebaiknya merasa cocok satu sama lain adalah tipe.....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI
d. TGT
141. Kegiatan menetapkan siswa naik kelas atau tidak naik kelas adalah kegiatan ….
A. Pengukuran
B. Membandingkan
C. Penilaian
D. Mengevaluasi
142. Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !
A. Pengukuran dan penafsiran
B. Pengukuran dan penilaian
C. Penilaian dan penafsiran
D. Penilaian dan evaluasi
143. Pedoman yang digunakan guru dalam mengembangkan alat evaluasi adalah ….
A. Kurikulum
B. Tujuan Pembelajaran
C. Buku Pelajaran
D. Kisi-kisi tes
144. Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah….
A. Hasilnya lebih valid
B. Hasilnya lebih reliabel
C. Hasilnya lebih akurat
D. Hasilnya memuaskan semua pihak
145. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa disebut …..
A. Selection tes
B. Placement tes
C. Achievement tes
D. Diagnostic tes
146. Manfaat hasil penilaian bagi siswa adalah sebagai berikut, KECUALI:
A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
B. Mendorong siswa belajar
C. Mengetahui ketepatan cara belajar
D. Mengetahui kemajuan belajar
147. Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian adalah …..
A. Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
B. Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
C. Menetapkan kriteria penilaian
D. Menetapkan tujuan penilaian
148. Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….
A. Tes yang reliabel
B. Tes yang valid
C. Tes yang memiliki daya beda
D. Tes yang memiliki derajat kesukaran yang memadai.
149. Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam memilih metode penilaian yang akan digunakannya ?
A. Aspek/ranah yang akan diukur
B. Jumlah siswa
C. Materi pelajaran
D. Waktu yang tersedia
150. Siapa sajakah yang dapat memanfaatkan hasil penilaian ?
A. Guru dan siswa
B. Guru dan sekolah/lembaga
C. Sekolah dan siswa
D. Siswa, guru, dan Sekolah
A. Sesuatu yang diwariskan oleh orang tua
B. Hasil yang dicapai dari apa yang telah dikerjakan
C. Sesuatu yang dicapai dengan memanfaatkan segala macam cara
D. Sesuatu yang dicapai melalui pemberian orang lain
82. Apakah yang diperlukan untuk mencapai prestasi yang tinggi ?
A. Kerja keras dan jiwa besar
B. Dukungan dari berbagai pihak dan kerja sama
C. Menggunakan setiap peluang untuk mencapai tujuan
D. Motivasi yang tinggi agar terkenal
83. Potensi kecerdasan, menganalisis, dan menghitung adalah termasuk potensi….
A. Fisik
B. Emosional
C. Mental intelektual
D. Mental spiritual
84. Salah satu contoh potensi Sosial adalah ….
A. Kecerdasan
B. Kemampuan menganalisis
C. Daya juang yang tinggi
D. Kesadaran diri
85. Apakah yang membedakan orang yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi ?
A. Orang yang berprestasi tidak pernah mengalami kegagalan
B. Orang yang berprestasi selalu berhasil setiap usahanya
C. Orang yang tidak berprestasi mampu memanfaatkan peluang yang ada
D. Orang yang berprestasi ulet dan pantang menyerah
86. Apakah syaratnya agar menjadi orang yang kreatif ?
A. Bersikap terbuka, berani mencoba, dan pantang menyerah
B. Bersikap tertutup, ulet, dan melakukan sesuatu jika menguntungkan
C. Mengutamakan pendapat sendiri, ulet, dan percaya diri
D. Berani mengambil resiko, pantang menyerah, dan bekerja sendiri
87. Persyaratan apakah yang harus dimiliki seorang pelajar agar dapat meraih prestasi yang tinggi ?
A. Memiliki buku yang banyak, lengkap, dan finansial yang cukup
B. Kerja keras, tekun, dan displin
C. Aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan memiliki sarana belajar yang lengkap
D. Memiliki kemauan yang kuat dengan menghalalkan segala macam cara
88. Adam Smith, seorang warga negara Inggris ahli di bidang …..
A. Kimia
B. Ekonomi
C. Fisika
D. Kesusastraan
89. Selain keuletas, ketangguhan, dan displin, apakah yang diperlukan untuk meraih prestasi ?
A. Mampu bekerja mandiri
B. Mampu memenuhi kebutuhan sendiri
C. Mampu melakukan pendekatan pada orang lain
D. Aktif dalam berbagai bidang.
90. Hal apakah yang dapat membuat seseorang gagal meraih prestasi ?
A. Pantang menyerah
B. Mampu merencanakan sesuatu
C. Tidak mampu mengendalikan amarah
D. Motivasi yang tinggi
91. Apakah yang mendorong lahirnya globalisasi ?
A. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat
B. Semakin terbatasnya tempat tinggal manusia
C. Berkembangnya pergaulan antar bangsa
D. Perkembangan IPTEK terutama komunikasi dan informasi
92. Sebutkan salah satu ciri globalisasi !
A. Semakin terbatasnya lapangan kerja
B. Semakin banyaknya jumlah manusia
C. Hilangnya sekat-sekat yang memisahkan antar negara
D. Semakin majunya sarana transpotasi dan komunikasi
93. Sebutkan salah satu gagasan yang sudah dianggap merupakan kemauan masyarakat dunia !
A. Bentuk negara Republik
B. Hak Asasi Manusia
C. Penjajahan
D. Pergaulan bebas
94. Sebutkan salah satu contoh gaya hidup masyarakat yang sudah mengglobal !
A. Penggunaan sarana Hand Phone
B. Cara makan
C. Kebiasaan berwisata
D. Penggunaan gelar
95. Perilaku anarkhis pada saat berdemonstrasi, adalah dampak negatif globalisasi dalam aspek ….
A. Ekonomi
B. Sosial Budaya
C. Politik
D. Hankam
96. Sebutkan salah satu dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi !
A. Tumbuhnya lapangan-lapangan kerja baru
B. Terjadinya persaingan bebas
C. Terbukanya kesempatan berhubungan dengan negara lain
D. Terbukanya kesempatan untuk melakukan monopoli
97. Apakah yang dimaksud dengan hedoisme ?
A. Paham yang selalu memikirkan masa depan
B. Paham yang mengutamakan diri sendiri (individualistis)
C. Paham yang selalu memikirkan kepentingan bersama
D. Paham yang memandang kenikmatan pribadi sebagai nilai tertinggi
98. Salah satu contoh sikap hedoisme adalah ….
A. Kebiasaan mengkonsumsi narkotika
B. Semakin berkurangnya kepedulian terhadap sesama
C. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi
D. Tidak tanggap terhadap penderitaan orang lain
99. Upaya apakah yang dapat dilakukan untuk menghadapi era perdagangan bebas ?
A. Menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya
B. Menyediakan sarana pendidikan dan latihan bagi para pencari kerja
C. Membatasi masuknya modal dari luar negeri
D. Mempersulit izin usaha bagi para penanam modal asing
100. Sebutkan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menarik ivestor menanmkan modal di Indonesia !
A. Pemerintah menyediakan tenaga kerja yang murah
B. Pemerintah menyediakan sarana-sarana yang diperlukan oleh para investor
C. Pemerintah membatasi penanam modal dari dalam negeri
D. Pemerintah mengeluarkan UU yang menjamin kepastian berusaha dan keamanan.
101. Tanggung jawab belajar berada pada diri peserta didik, tetapi guru bertangung jawab pula dalam hal berikut, kecuali....
a. mendorong prakarsa
b. memberikan motivasi
c. memberikan materi agar dihafalkan
d. mendukung siswa belajar sepanjang hayat
102. Cara penugasan yang efektif untuk mengaktifkan siswa antara lain dilakukan dengan..., kecuali...
a. dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat saja
b. penugasan yang sederhana
c. perintah-perintah yang jelas
d. tanpa menyediakan sumber belajar
103. Belajar bukanlah proses menyerap pengetahuan bentukan guru yang sudah jadi. Hal ini terbukti....
a. anak didik dikelas berbeda mendapatkan hasil ulangan berbeda-beda
b. anak dikelas berbeda mendapatkan hasil ulangan yang sama
c. anak didik dikelas yang sama mendapatkan hasil ulangan berbeda-beda
d. anak didik dikelas yang sama mendapatkan hasil ulangan yang sama
104. Mengingat belajar adalah kegiatan aktif peserta didik, yaitu ..., maka peran guru jangan sampai merebut otoritas peserta didik dalam membangun gagasannya.
a. membangun pemahaman
b. mentranfer pengetahuan
c. menyerap pengetahuan
d. menggunakan fikiran
Corvus https://woof.tube/stream/bim7xrBKk5j105. Pembelajaran perlu menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar. Artinya, pembelajaran memperhatikan ... peserta didik.
a. latar belakang sosial
b. situasi lingkungan
c. suasana kejiwaan
d. cara dan strategi belajar
106. Interaksi antarsiswa dalam belajar kelompok dapat mempertajam, memperdalam, memantapkan, atau menyempurnakan gagasan, karena mereka...
a. takut mendapat nilai buruk
b. memperoleh tanggapan dari siswa lain
c. malu jika kalah dengan teman
d. pada dasarnya orang tidak mau kalah dihadapan orang lain
107. Potensi peserta didik yang menjadi modal dasar untuk bersikap peka, kritis, mandiri, dan kreatif adalah....
a. rasa ingin tahu
b. rasa bersalah
c. rasa harga diri
d. rasa percaya diri
108. Pembelajaran perlu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan semangat berkompetisi yang sehat untuk, oleh karenanya perlu menyediakan tugas-tugas yang memungkinkan peserta didik
a. bekerjasama dengan siswa lain
b. bekerja secara mandiri
c. bersaing untuk mendapat nilai yang tertinggi
d. bekerja secara tim
109. Salah satu cara untuk mengetahui tahap awal pengetahuan peserta didik dari serangkaian kegiatan bisa dilakukan melalui....
a. curah pendapat (brain storming)
b. pretes
c. apersepsi
d. semua jawaban tersebut benar
110. Terdapat beberapa cara yang menjamin bahwa peserta didik secara aktif terlibat dalam kerja praktik, yaitu...kecuali....
a. memberi perintah-perintah dalam suatu susunan acak
b. memberi para peserta didik perintah secara berurutan
c. meminta peserta untuk meramalkan hasil-hasil dari kegiatan praktik
d. siswa diberi suatu kumpulan peralatan yang tepat
111. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk ....
a. mencapai tujuan pembelajaran
b. memudahkan guru mengajar
c. memberi pedoman keterlibatan siswa
d. memperjelas materi pembelajaran
112. Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ....
a. demontrasi
b. simulasi
c. diskusi atau curah gagasan
d. penelusuran informasi
113. Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh
a. informasi dan ide tertentu
b. keterampilan
c. nilai dan cara berfikir
d. jawaban a, b, dan c benar
114. Strategi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah....
a. strategi pengelolaan informasi
b. strategi personal
c. strategi sosial
d. strategi sistem perilaku
115. Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi ...
a. pengelolaan informasi
b. personal
c. sosial
d. sistem perilaku
116. Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ....
a. bukan contoh
b. definisi
c. nilai dari cir-ciri
d. unsur dari ciri-ciri
117. Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran....
a. induktif
b. deduktif
c konstruktivistik
d. klarifikasi nilai
118. Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran....
a. pengungkapan perasaan
b. analogi
c. pilihan rasional
d. analisis rasional
119. Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran....
a. pembentukan kepedulian
b. analogi
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
120. Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model....
a. pembelantukan kepedulian
b. aksi sosial
c. pilihan rasional
d. pengungkapan perasaan
121. Proses pembelajaran kontekstual berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa hal ini berarti....
a. hasil pembelajaran lebih dipentingkan daripada proses
b. strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil
c. tujuan pembelajaran lebih diutamakan daripada cara
d. cara pembelajaran lebih diutamakan daripada tujuan
122. Pemicu digunakannya pembelajaran kontekstual, karena kelemahan pada pembelajaran tradisional antara lain..., kecuali...
a. belum mampu menyiapkan lulusan mampu bekerja di masyarakat
b. para siswa hanya diajak untuk menyerap, tetapi tidak menggunakan pengetahuannya
c. didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal
d. menghilangkan pemisahan antara pembelajaran teoretis dan praktis
123. Melalui strategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui....
a. bertanya
b. menghafal
c. mengalami
d. menyerap informasi
124. Pernyataan ini tepat untuk menandai pembelajaran berbasis CTL, yaitu....
a. pembelajaran hanya terjadi dalam kelas
b. sanksi adalah hukuman dari perilaku jelek
c. perilaku baik berdasar motivasi estrinsik
d. perilaku dibangun atas kesadaran diri
125. Pernyataan ini tidak tepat untuk menggambarkan ciri pembelajaran kontekstual, yaitu....
a. kebenaran bersifat absolut dan pengetahuan bersifat final
b. pembelajaran terjadi di berbagai tempat, konteks, dan setting
c. penyesalan adalah hukuman dari perilaku jelek
d. perilaku baik berdasar motivasi instrinsik
126. Pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas (sempit) dan tidak sekonyong-konyong. Pernyataan ini sesuai dengan komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. konstruktivisme
c. modelling
d. masyarakat belajar
127. CTL menekankan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi hasil....
a. penerimaan yang senang hati
b. mentransfer informasi
c. dari menemukan sendiri
d. proses ingin tahu
128. Dalam pembelajaran kontekstual, kegiatan bertanya digunakan untuk..., kecuali....
a. menggali informasi, baik administrasi maupun akademis
b. mengecek pemahaman siswa
c. menambah pengetahuan
d. membangkitkan respon kepada siswa
129. Hasil belajar diperoleh dari sharing antar teman, antarkelompok, dan antara yang tahu ke yang belum tahu. Ini makna dari komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. masyarakat belajar
c. konstruktivisme
d. modelling
130. Kalau begitu, cara saya menyimpan file selama ini salah, ya!. Merupakan ungkapan salah satu komponen CTL, yaitu....
a. inkuiri
b. refleksi
c. konstruktivisme
d. modeling
131. Kelas adalah cermin dari masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar dalam kehidupan nyata. Hal itu merupakan pernyataan yang sesuai untuk pembelajaran....
a. kontekstual
b. kooperatif
c. kuantum
d. berbasis masalah
132. Berikut ini merupakan ciri-ciri pembelajaran kooperatif , kecuali...
a. belajar dalam kelompok kecil
b. produktif berbicara atau mengemukakanpendapat/gagasan
c. siswa membuat keputusan
d. antar anggota saling bersaing
133. Melalui strategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui....
a. bertanya
b. menghafal
c. mengalami
d. menyerap informasi
134. Pembelajaran koperatif mempunyai sistem evaluasi yang dilakukan berdasarkan pencapaian hasil belajar, berupa....
a. komulatif dalam kelompok
b. prestasi setiap anggota tidak menentukan
c. penguasaan materi pelajaran setiap siswa tidak bermakna
d. fikiran aktif dan kreatif tidak dihargai
135. Tujuan pembelajaran kooperatif antara lain....
a. hasil belajar akademik
b. pengakuan adanya keragaman
c. pengembangan keterampilan sosial
d. jawaban a, b, dan c benar
136. Setiap murid dalam kelompok (kelompok asal) nantinya akan diberi tugas untuk menjadi tim ahli pada suatu topik tertentu, hal ini merupakan ciri dari pembelajaran kooperatif tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
137. Model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu anggota adalah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. STAD
138. Pembelajaran kooperatif, dimana antarkelompok dipertandingkan suatu permainan edukatif adalah tipe....
a. TAI
b. Jig-Saw
c. CIRC
d. TGT
139. Pembelajaran kooperatif yang diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya adalah tipe....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI
d. TGT
140. Pembelajaran kooperatif yang mensyaratkan dalam kelompok ada siswa yang pandai, sedang, dan lemah, serta masing-masing siswa sebaiknya merasa cocok satu sama lain adalah tipe.....
a. CIRC
b. Jig-Saw
c. TAI
d. TGT
141. Kegiatan menetapkan siswa naik kelas atau tidak naik kelas adalah kegiatan ….
A. Pengukuran
B. Membandingkan
C. Penilaian
D. Mengevaluasi
142. Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !
A. Pengukuran dan penafsiran
B. Pengukuran dan penilaian
C. Penilaian dan penafsiran
D. Penilaian dan evaluasi
143. Pedoman yang digunakan guru dalam mengembangkan alat evaluasi adalah ….
A. Kurikulum
B. Tujuan Pembelajaran
C. Buku Pelajaran
D. Kisi-kisi tes
144. Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah….
A. Hasilnya lebih valid
B. Hasilnya lebih reliabel
C. Hasilnya lebih akurat
D. Hasilnya memuaskan semua pihak
145. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa disebut …..
A. Selection tes
B. Placement tes
C. Achievement tes
D. Diagnostic tes
146. Manfaat hasil penilaian bagi siswa adalah sebagai berikut, KECUALI:
A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
B. Mendorong siswa belajar
C. Mengetahui ketepatan cara belajar
D. Mengetahui kemajuan belajar
147. Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian adalah …..
A. Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
B. Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
C. Menetapkan kriteria penilaian
D. Menetapkan tujuan penilaian
148. Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….
A. Tes yang reliabel
B. Tes yang valid
C. Tes yang memiliki daya beda
D. Tes yang memiliki derajat kesukaran yang memadai.
149. Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam memilih metode penilaian yang akan digunakannya ?
A. Aspek/ranah yang akan diukur
B. Jumlah siswa
C. Materi pelajaran
D. Waktu yang tersedia
150. Siapa sajakah yang dapat memanfaatkan hasil penilaian ?
A. Guru dan siswa
B. Guru dan sekolah/lembaga
C. Sekolah dan siswa
D. Siswa, guru, dan Sekolah
Loading...
No comments:
Post a Comment