Soal dan jawaban Biologi kls.X.SEMESTER 1
10. D 20. B 30. D 40. C
Agar labih mendalam maka kerjakan juga soal - soal berikut.
6. Bakteri autotrof memperoleh nutrisi dengan cara...
SOAL BIOLOGI SMA KELAS X ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 BESERTA KUNCI JAWABAN
1. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai berikut...
a. biologi adalah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen.
c. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup sekarang ini.
d. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
2. Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan makhluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukanmerupakan objek kajian biologi adalah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
b. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e. pembuatan tempe menggunakan jamur.
3. Biologi sebagai salah satu sains memiliki ciri – ciri....
a. logis, abstrak, universal b. obyektif, sistematis, logis
c. obyektif, logis, abstrak d. subyektif, sistematis, logis
e. universal, abstrak, obyektif
4. Jika kita mengawinkan secara langsung tumbuhan A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan hasilnya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel. Hal ini menunjukkan bahwa biologi memiliki ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris.
c. dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa hukum yang berlaku umum.
5. Perhatikan gambar berikut !
Cabang biologi yang berkaitan dengan gambar diatas adalah…
a. Histologi
b. Anatomi
c. Fisiologi
d. Sitologi
e. Taksonomi
Hadid https://woof.tube/stream/EziPUAYyS4P
6. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah .......
a. genetika d. patologi
b. sitologi e. sanitasi
c. embriologi
7. Pasangan yang tidak cocok antara cabang biologi dan obyeknya adalah…
Cabang biologi
|
Obyek biologi
| |
a.
|
Histologi
|
Jaringan
|
b.
|
Mikologi
|
Jamur
|
c.
|
Sitologi
|
Struktur tubuh
|
d.
|
Patologi
|
Penyakit
|
e.
|
Mikrobiologi
|
Mikroorganisme
|
8. Dalam penyelidikan kasus bayi tertukar, seorang ahli biologi sering dilibatkan untuk mengungkap kasus ini. Hal ini menunjukkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. hukum dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. hukum dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
9. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi akibat adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
10. Berikut adalah barang yang dijumpai pada
sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. ember plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri adalah ...
a. 1, 2 dan 3. d. 1, 4 dan 5
b. 1, 2 dan 4. e. 2, 3 dan 5
c. 2, 4 dan 5.
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber makanan baru
4. membantu memecahkan masalah lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi kehidupan manusia adalah...
a. 3 dan 4 d. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3 e. 1, 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 4
12.Tumbuhan putri malu ( Mimosa pudica ) yang kita sentuh akan segera mengatupkan daunnya. Hal ini menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu...
- adaptasi d. reproduksi
- iritabilitas e. sirkulasi
- nutrisi
13. Berikut ini yang merupakan tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah...
- populasi, komunitas dan planet
- plantae, animalia dan bakteri
- organisme, ekosistem dan bioma
- molekul, jaringan dan protozoa
- bioma, komunitas dan animalia
14. Berikut ini adalah komponen organisasi kehidupan.
- komunitas
- populasi
- ekosistem
- organisme
- bioma
Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling rendah adalah...
- 1 – 2 – 3 – 4 – 5
- 2 – 3 – 4 – 1 – 5
- 4 – 1 – 3 – 2 – 5
- 4 – 2 – 1 – 3 – 5
- 2 – 4 – 1 – 3 – 5
15. Perhatikan gambar berikut !
Gambar diatas menunjukkan hierarki kehidupan pada tingkatan...
a. organisme
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
16.Manakah yang merupakan contoh obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
17. Pernyataan berikut ini yang tidak benar tentang tingkat organisasi kehidupan adalah...
- jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
- organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
- sistem organ merupakan kumpulan berbagai organ
- populasi merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
- komunitas merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
18. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
- kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
- tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
- mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
- hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
- tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
19. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
- organ d. jaringan
- molekul e. sistem organ
- sel
20. Perhatikan beberapa contoh penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan makanan adalah...
a. 1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
21. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
- 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
- 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
- 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
- 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
- 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
22. Jawaban terhadap pertanyaan atau masalah penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis d. variabel
b. kesimpulan e. eksperimen
c. observasi
23. Seorang siswa melakukan penelitian tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. observasi d. eksperimen
b. hipotesis e. kesimpulan
c. analisa
Untuk menjawab pertanyaan nomor 24 –28 perhatikan wacana berikut !
Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tanaman dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
24. Rumusan masalah yang tepat dari penelitian diatas adalah...
a. Mengapa tanaman jagung diberi pupuk fosfat ?
b. Apakah pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap panjang daun tanaman jagung ?
c. Siapa yang memberikan pupuk fosfat pada tanaman jagung ?
d. Berapa kilo pupuk fosfat yang diberikan pada tanaman jagung ?
e. Apakah pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tanaman jagung ?
25. Variabel bebas dalam penelitian diatas adalah..
a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
26. Variabel terikat dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
27. Variabel kontrol dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis dan jumlah jagung yang ditanam
b. luas petak tanah
c. banyaknya pupuk fosfat tiap petak
d. jawaban A dan B benar
e. jawaban A dan C benar
28. Hipotesis alternatif dari penelitian diatas adalah...
a. Pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tanaman jagung.
b. Pupuk fosfat tidak mempengaruhi tinggi tanaman jagung
c. Tanaman jagung terhambat pertumbu- hannya jika diberi pupuk fosfat.
d. Tanaman jagung akan mati jika diberi pupuk 3 kg
e. Tanaman jagung yang tidak diberi pupuk akan mati.
29. Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan data tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan tercepat terjadi pada hari ...
a. ke-2, tempat terang.
b. ke-3, tempat terang
c. ke-4, tempat terang
d. ke-5, tempat gelap
e. ke-6, tempat gelap
30.Berikut ini yang bukan sikap ilmiah seorang ilmuwan adalah...
a. jujur terhadap fakta
b. bertanggung jawab
c. disiplin dan tekun
d. melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e. peduli terhadap lingkungan
31.Salah satu ilmuwan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1882). Permasalahan yang mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah ....
a. Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b. Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c. Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
d. Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e. Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
32. Seorang ilmuwan dari Amerika yang pertama kali berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik padatanaman tembakau (TMV) adalah...
a. Beijerinck d. Stanley
b. Ivanosky e. Adolf Meyer
c. Louis Pasteur
33. Amatilah data dibawah ini !
1. Dapat dikristalkan
2. Memiliki sitoplasma
3. Parasit obligat intraseluler
4. Prokariotik
5. Aseluler
Dari data diatas yang merupakan ciri – ciri virus adalah….
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
34. Virus tidak dapat hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh karena itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium agar – agar
c. medium kentang dan agar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
35. Virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup, sebab virus...
a. hanya dapat hidup dalam sel – sel hidup
b. dapat dikristalkan
c. dapat menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
36. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
37. Secara umum virus merupakan penyebab utama penyakit pada manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri. Berdasarkan cara hidupnya, virus tergolong organisme...
a. epifit d. parasit obligat
b. autotrof e. parasit fakultatif
c. saprofit
Untuk menjawab soal nomor 38 dan 39 Perhatikan gambar bakteriofage dibawah ini !
38. Bagian tubuh virus yang digunakan untuk proses infeksi (penetrasi) DNA ke dalam sel bakteri adalah…
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
39. Bagian yang mengandung materi genetik ditunjukan oleh...
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
40. Berikut ini adalah tahapan daur litik pada perkembangbiakan virus.
1. Penetrasi.
2. Eklifase
3. Lisis
4. Adsorpsi
5. Perakitan
Urutan tahapan daur litik yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
d. 1 – 4 – 2 – 5 – 3
e. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
41. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
a. 1 d. 4
b. 2 e 5
c. 3
42. Pada siklus lisogenik terjadi fase penggabungan antara DNA virus dan DNA bakteri membentuk….
a. profase d. bakteriofage
b. viral e. virion
c. profage
43. Kelompok penyakit berikut ini yang disebabkan oleh virus adalah...
a. malaria, cacar dan difteri
b. rabies, kolera dan AIDS
c. DB, influenza dan tifus
d. AIDS, difteri dan influenza
e. rabies, DB dan cacar
44. Berikut ini ádalah nama-nama virus:
1. ebola 4. tungro
2. NCD 5. TMV
3. CVPD 6. dengue
Kelompok virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan adalah...
a. 1, 2 dan 3 d. 3, 4 dan 5
b. 1, 3 dan 6 e. 4, 5 dan 6
c. 2, 4 dan 6
45. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a. Sistem saraf dan kulit
b. Sistem kekebalan tubuh
c. Sistem peredaran darah
d. Sistem peredaran darah dan pernapasan
e. Sistem pencernaan dan peredaran darah
KUNCI JAWABAN
BIOLOGI KELAS X
1. D 11. E 21. D 31. B 41. C
2. C 12. B 22. A 32. D 42. C
3. B 13. C 23. D 33. B 43. E
4. E 14. D 24. E 34. D 44. D
5. B 15. D 25. D 35. E 45. B
6. C 16. E 26. B 36. E
7. C 17. D 27. A 37. D
8. A 18. B 28. A 38. E
9. C 19. A 29. D 39. A
Agar labih mendalam maka kerjakan juga soal - soal berikut.
16. Gambar di bawah ini adalah urutan fase reproduksi virus litik
Urutan yang benar adalah 5
A1-2-3-4-5 C. 3-1-2-5-4 E. 2-1 -3-4-5
B. 1-3~4-5-2 D.4-3-1-2-5
17. Di samping ini gambar virus. Yang ditunjukkan oleh nomor 3 adalah `
A. kapsid
B. asam nukleat
C. ,serabut akar
D. Leher
E. pinngan besar
18. Penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh virus adalah sebagai berikut,
kecuali
A. peningkatan kesehatan pribadi
B. perbaikan gizi
C. peningkatan kekebalan
D. pencegahan penyakit keturunan
E. perbaikan kualitas lingkungan
19. Persamaan ciri antara bakteri dengan ganggang hijau biru. adalah
A. prokariotik, seinya memiliki dinding bersifat autotrof
B. prokariotik, tidak mempunyai dinding sel bersifat heterotroi
C. eukartiotik, seinya memiliki dinding bersifat autotrof
D. eukan'otik, selnya tidak memiliki dinding, bersifat autotrof
E. eukariotik, bersifat autotrof dan heterotrof
20. Berdasarkan jumlah dan kedudukan flagel, gambar
di samping ini merupakan bakteri
A. monerik D. atrik
B. lopotrik E. petritrik
C. amphitrik
21. Pada lingkungan yang baik, bakteri dapat membelah setiap 20 menit menjadi 2
sel. Hitunglahj berapa jumlah bakteri setelah 3 jam!
A. 32 B. 64 C. 256 D. 512 E. 1024
22. Bakteri yang berperan dalam proses nitrifikasi adalah
A. Clostridium C. Nostoc E. Anabaena
B. Rhyzobium D. Nitrosomonas
23. Bakteri pengikat Nitrogen yang bersimbiosis dengan akar tanaman
Leguminoceae (kacang-kacangan) adalah
A. Azotobacter . C. Closfridium E. Nitrosomonas
B. Nitrobacter D. Rhizobium .
24. Salah satu pencegahan penyakit TBC adalah dengan cara
A. cukup vitamin di dalam makanan
B. banyak istirahat
C. selalu diobati dengan antibiotika
D. diadakan vaksinasi BCG dengan teratur
E. diadakan penyemprotan serangga
25. Bakteri pembusuk bermanfaat karena,
A. mengembalikan senyawa organik dari mineral ke air dan tanah sehingga
dapat dipergunakan dari mineral air oleh tanaman
B. menghaluskan partikel tanah
C. dapat menghaluskan batu-batuan
D. memecah senyawa organik hingga bentuk atom
E. memecah senyawa anorganik menjadi senyawa organik
26. Peranan ganggang hijau biru dalam peristiwa suksesi adalah
A. vegetasi perintis
B. menghasilkan partikel tanah i
C. mengikat N2
D. memecah senyawa organik hingga bentuk atom
E. menghasilkan lapisan humus
27. Bagian penyusun sel bakteri yang bemomor 3 adalah
A. kapsul .
B. dinding sel
C. membran plasma
D. sitoplasma
E. flagelium
28. Wama merah pada ganggang merah disebabkan oleh pigmen
A. dikosianin C. fikosianin dan fukosantin E. fukosantin
B. guanin D. fikoeritrin
29. Berikut ini adalah nama-nama ganggang:
1. Chlorela 3. Euchema 5. Gelidium
2. Spyrogira 4. Volvox
Yang termasuk ke dalam ganggang hijau adalah
A. 1, 2, dan 3 C. 1,2, dan 4 E. 1, 3, dan 5
B. 2, 3, dan 5 D. 3, 4, dan 5
30. Jenis alga yang bermanfaat dalam industri makanan adalah
A. Anabaena cycadae, Chlorella, Chondrus ocelatus
B. Chlorella, Euchema spinosum, Gelidium cartiginum
C. Nostoc commune. Chomdrus ocalltus, Chlorella
D. Euchema spinosum, Anabaena Cycadue. Chlorella
E. Gelidium cartiginum, Chlorella, Nostoc commune
16.a
17.d
18.d
19.a
20.e
21.d
22.d
23.d
24.d
25.a
26.a
27.e
28.d
29.c
30.b
Kemudian lanjutkan dengan soal selanjutnya dan bandingkan dengan buku yang kalian baca.
I. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Archaeobacteria dibedakan dari Eubacteria karena alasan berikut, kecuali...
a. Archaeobacteria tidak mempunyai peptidoglikan.
b. Struktur RNA nya berbeda.
c. Archaeobacteria mampu hidup di lingkungan yang ekstrim.
d. Archaeobacteria merupakan bakteri purba.
e. Archaeobacteria bersifat kosmopolit.
2. Bakteri yang memiliki flagela tersebar di seluruh permukaan sel disebut...
a. monotrik c. amfitrik e. atrik
b. lofotrik d. peritrik
3. Cara reproduksi bakteri dengan pemindahan materi genetik antara dua bakteri melalui virus bakteri
disebut...
a. konjugasi c. pembelahan biner e. transposisi
b. transformasi d. transduksi
4. Bakteri dapat melindungi diri dari pengaruh liungkungan yang buruk dengan membentuk...
a. flagela c. kista e. genofor
b. silia d. basil
5. Klasifikasi empat kingdom berkembang setelah ditemukan inti sel. Organisme yang inti selnya belum
memiliki membran inti dimasukkan dalam kingdom...
a. Plantae c. Fungi e. Protista
b. Animalia d. Monera
a. tergantung organisme lain. d. mengubah bahan organik menjadi bahan anorganik.
b. menyerang bahan organik saja e. sebagian nutrien diambil dari organisme lain
c. mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
7. Beberapa bakteri menguntungkan kita. Bakteri yang berperan dalam proses pembuatan yoghurt adalah...
a. Lactobacillus casei c. Acetobacter xylinum e. Sterptomyces griceus
b. Lactobacillus bulgaricus d. Clostiridium butricum
8. Bakteri yang mampu hidup di lingkungan berkadar garam tinggi adalah bakteri...
a. termoasidofilik c. halofilik e. fotoautotrof
b. metanogenik d. anaerob
9. Bintil-bintil akar kacang tanah banyak mengandung bakteri yang dapat mengubah nitrogen bebas. Bakteri itu adalah...
a. Clostiridium c. Nitrosomonas e. Rhizobium
b. Azotobacter d. Nitrosococus
10. Spirullina maxima dan Nostoc communae berperan untuk...
a. makanan dan fermentasi alkohol d. fermentasi dan fikasasi nitrat
b. makanan alternatif dan fiksasi nitrogen e. fiksasi nitrogen dan membentuk likenes
c. fiksasi nitrogen dan vegetasi perintis.
II. Jawablah dengan singkat dan tepat !
1. Sebutkan ciri-ciri bakteri !
2. Jelaskan cara reproduksi seksual pada bakteri !
3. Jelaskan klasifikasi bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan !
4. Berikan contoh bakteri penyebab penyakit dan penyakit yang ditimbulkan !
Kunci jawaban Soal Biologi kelas X:
No
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
I
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
E
D
D
C
D
C
B
C
E
B
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
II
1.
2.
3.
4.
|
Ciri-ciri bakteri:
a. Merupakan mikroorganisme bersel satu.
b. Umumnya berukuran antara 1 – 5 mikron.
c. Bersifat prokariotik.
d. Bentuk sel tetap karena memiliki dinding sel
e. Umumnya tidak berklorofil.
Cara reproduksi seksual pada bakteri :
a. Transformasi : pemindahan materi genetik
tanpa terjadi kontak langsung.
b. Transduksi : pemindahan materi genetik
dengan perantara virus.
c. Konjugasi : pemindahan materi genetik
dengan kontak langsung.
Klasifikasi bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan :
a. Bakteri autotrof : bakteri yang mampu
membuat makanan sendiri. Terdiri dari
bakteri fotoautotrof (memanfaatkan energi
cahaya) dan bakteri kemoautotrof
( memanfaatkan energi kimia ).
b. Bakteri heterotrof : bakteri yang hidupnya
tergantung makhluk hidup lain. Bakteri ini
bersifat patogen, parasit atau saprofit.
Contoh bakteri penyebab penyakit :
a. Salmonella typhosa : penyebab tifus.
b. Vibrio comma : penyebab kolera
c. Mycobacterium tuberculosis : penyebab TBC
d. Treponema pallidum : penyebab sipilis.
e. Pasteurella pestis : penyebab pes / sampar
|
5
5
5
5
|
Loading...
No comments:
Post a Comment